Beranda Kesehatan Mau Kuat Puasa Sampai Berakhirnya Bulan Ramadhan ?? Ini 5 Tips Yang...

Mau Kuat Puasa Sampai Berakhirnya Bulan Ramadhan ?? Ini 5 Tips Yang Harus Kamu Tau

126
0
Bagikan

Handalnews.id, – Tidak terasa hari ini Minggu (3/6/2018) sudah memasuki hari ke-24 puasa di bulan ramadan. Mengingat hari raya Idul Fitri sudah semakin dekat, biasanya masyarakat lebih fokus untuk mempersiapkan diri menyambut lebaran.

Mereka biasanya lebih memilih ke pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan lebaran dan tak jarang meninggalkan ibadah, Padahal Ramadan adalah bulan yang penuh berkah.

Sebab itu hendaknya kita lebih banyak mereih berkah dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah.  Menurut H Nasrullah, mubaligh di Banjarmasin salah satu amalan yang ada di bulan Ramadan adalah salat Tarawih.

“Mari ramaikan salat tarawih. Jangan hanya hari pertama penuh, kemudian hari ketiga jamaah mulai berkurang,” ujarnya.

Nah bagaimana cara agar kita tetap semangat di hari-hari terakhir puasa Ramadan terutama menjelang 10 malam terakhir?  Dilansir TribunSolo.com dari berbagai sumber, berikut 5 tips agar tetap semangat di hari-hari akhir Ramadan.

1. Mulailah dengan niat yang bersih dan tulus.

Jika kita merasa 18 hari menjalankan ibadah di bulan Ramadan belum merasa sempurna, maka perbaikan niat.  Semoga dengan niat yang bersih dan tulus, semangat bisa bertambah.

2. Baca tafsir surat Al Qadr

Mungkin kebanyakan dari kita belum mengetahui kemulian di 10 malam terakhir di bulan ramadan. Dengan mengetahui apa yang terjadi pada malam laylatul qadr, diharapkan kita akan semakin mantap beribadah di 10 malam terakhir.

3. Siapkan daftar doa yang hendak dipanjatkan

Ramadan adalah bulan penuh berkah, gunakan waktu ini semaksimal mungkin untuk memohon kepada Allah SWT.  Biar lebih bersemangat, siapkan daftar doa yang akan kita panjatkan.  Lakukan dengan khusyuk agar terkabul.

4. Niatkan untuk mencapai ketakwaan.

Kalau kita mengingkan ketakawaan saat berpuasa di bulan Ramadan. Maka kita harus konsisten beribadah. “Laksanakan tarawih dari awal sampai akhir Ramadhan. Kemudian tarawih, tadarus dan perbanyak sedekah,” ujar Nasrullah.

5. Ingatlah jika pahala ibadah di bulan Ramadan pahalanya dilipatgandakan.

Ibadah sunah di bulan Ramadan itu pahalanya dilipatgandakan. Jadi sayang kalau kesempatan ini disia-siakan begitu saja hingga Ramadan nanti berlalu. (*)


Bagikan