Home Lampung Tengah Pendidikan

Adminuddin, S. Pd Sosok Visioner SDN Kutowinangun

48
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Sebagai salah satu sekolah unggulan di Lampung Tengah,  Sekolah Dasar  (SD) Negeri Kutowinangun, Lampung Tengah, terus mencatatkan beragam raihan prestasi di berbagai bidang akademik maupun non akademik.

Keberhasilan itu mebuat nama SDN  Kutowinangun meroket, sederet keberhasilan dalam meraih prestasi itu memang tidak dicapai dengan serta merta, melainkan melalui kerja keras dan semangat dari seluruh perangkat sekolah, mulai dari para murid, dewan guru hingga kemampuan manajerial yang baik dari Kepala SDN  Kutowinangun Adminuddin, S.Pd.

SDN Kutowinangun selama ini memang di kenal sebagai salah satu sekolahnya para juara di Lampung Tengah yang sudah banyak menorehkan berbagai prestasi di banyak bidang yang kesemuanya prestasi itu mulai semakin bersinar sejak kepemimpinan Adminuddin disana.

Sebagai seorang kepala sekolah, Adminuddin memang dikenal sebagai pemimpin yang visioner dan cakap dalam melaksanakan tugasnya. Bahkan Adminuddin juga mengungkapkan jika  memasuki era seperi sekarang ini, sudah selayaknya memanfaatkan secara maksimal dan bertanggung jawab teknologi informasi dalam mendukung kegiatan pembelajaran.

“Kita tidak bisa melepaskan atau bahkan mengabaikan fenomena-fenomena kehidupan yang terjadi pada saat ini. Fenomena-fenomena kehidupan yang ada justru perlu diantisipasi dan dijawab secara tepat sehingga kita bisa hidup nyaman dan sejahtera. Tantangan bukan dianggap sebagai hambatan justru harus diubah menjadi peluang,” ujarnya kepada awak Koran ini. Diruang kerjanya pekan lalu.

Diterangkan Adminuddin, pada era teknologi sekarang ini setiap pelajar mestinya diberikan banyak pilihan tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari, bagaimana membelajari, dan bagaimana membuktikan terhadap tingkatan penguasaan materi yang telah dipelajarinya.
Dalam implementasinya, hal ini menekankan pada tingkat kemandirian dan kematangan pelajar dalam proses belajarnya.

“Semakin matang pelajar dalam hal kemandirian belajarnya, maka tingkat ketergantungan dari berbagai pihak dalam belajar harus semakin diminimalkan. Pelajar dituntut untuk bertanggung jawab terhadap apa-apa yang akan dipelajari dan kapan mereka harus belajar,” urainya.

Pandangan Adminuddin dalam pengembangan pendidikan ini memang sangat wajar jika melihat keberhasilannya dalam menumbuh kembangkan segala potensi yang ada di SDN Kutawinangun. 
Tidak hanya menekankan seberapa pentingnya sebuah prestasi, namun dia juga mengajarkan kepada para dewan guru di sekolahnya agar mendidik murid-murid yang mandiri dan sepenuhnya memahami materi pembelajaran yang disampaikan. 
Sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, karena kedua belah pihak itu saling berinteraksi dengan imbang dan mengimbangi.

“Guru tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga mampu mengarahkan murid-muridnya. Sebaliknya murid juga menjadi lebih mudah dalam menyerap pengetahuan yang disampaikan,” tutupnya. (Iron Guna)