Home Way Kanan Pemerintahan Daerah

Ali Rahman Bagikan Sembako Bagi Lansia dan Santri

75
0
SHARE
Foto: Dok HandalNews

BLAMBANGAN UMPU (HANDALNEWS) Pemerintah Kabupaten Way Kanan menggelar peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Ponpes Fathul Ulum, Kampung Bandar Sari, Kecamatan Way Tuba, Jum'at (22/10). Dalam kegiatan tersebut juga ikut dibagikan 30 paket sembako bagi para lansia dan 20 paket sembako untuk santri.

Saat membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, oleh Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman, disebutkan jika peringatan Hari Santri Tahun 2021 mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga yang memiliki arti sebagai bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

"Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatan lil'alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia," kata Ali Rahman. 

Bila zaman dahulu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan lndonesia, diteruskannya, maka santri hari ini tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan lndonesia.

"Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai 'tirakat' lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," terusnya.

Oleh karena itu, masih dikatakan Adipati, melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, mari bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. "Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala," tutupnya. (Lumut)