Home Lampung Tengah Pariwara

Angkot Poncowati-Bandarjaya Sarat Penumpang Terbakar Mendadak

395
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Tidak diketahui penyebabnya, angkutan umum dalam kota (Angkot) jurusan Bandarjaya-Poncowati, yang sarat dengan penumpang secara tiba-tiba terbakar mendadak, Rabu (4/3/2020).

Menurut keterangan beberapa saksi mata dilokasi kejadian, angkot bernomor BE 2023 I, jenis mikrolet berwarna merah, yang meluncur dari arah Poncowati menuju Bandarjaya, terbakar secara mendadak saat sedang berhenti karena menaikan seorang penumpang, sekira pukul 16.10 wib.

Angkot yang penuh dengan penumpang siswa pulang sekolah itu, berhenti di depan RS Yukum Medical Center (YMC), Kelurahan Yukumjaya, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah (Lamteng), berhenti karena ada penumpang yang akan naik.

Pada saat bersamaan, terdengar suara letupan dari bawah tempat duduk sopir, disusul dengan luapan api yang langsung menyambar kebagian dalam, hingga menjilat ke bagian bodi bagian luar, yang semakin membesar dan menghanguskan seluruh bagian.

Beruntung saat terdengar suara letupan, seluruh penumpang dan sopirnya langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri, menjauh dari mobil naas tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Upaya pemadaman, yang dilakukan oleh sopir dibantu oleh warga sekitar, tidak dapat menyelamatkan angkot tersebut dari kobaran api, karena letak sumber air (sumur) yang terlalu jauh, sehingga menghambat pemadaman api yang sudah terlanjur mengurung mobil.

Dari pemantauan dilokasi kejadian, angkot naas itu mengalami kabakaran sekitar 60 persen lebih. Terutama bagian mesin dan pengapian (accu), karena diduga sumber api berasal dari sana.

Setelah api berhasil dipadamkan dan angkot dipinggirkan dari ruas jalan raya negara, berselang sekitar 30 menit sejak kejadian, dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemkab Lamteng, baru terlihat meluncur ke arah lokasi kejadian.

Peristiwa itu sempat memacetkan arus lalu lintas, baik yang dari arah Bandarlampung - Kotabumi ataupun sebaliknya. Tidak terlihat seorangpun anggota Polisi Lalulintas (Polantas) dilokasi kejadian, sehingga kemacetan sempat mengurai sepanjang sekitar 10 Km. (Gun)