Home Lampung Barat Pemerintahan Daerah

Apdesi Kecamatan Sumber Jaya, berkomitmen Realisasikan DD dengan baik demi terwujudnya "Lampung Barat Hebat dan Sejahtera"

383
0
SHARE
Dok. Handal

HandalNews.id (Lampung Barat) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, berjuang demi terwujudnya Lampung Barat Hebat dan Sejahtera. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan berkomitmen kepada seluruh Pemerintah Pekon di Kecamatan setempat untuk merealisasikan bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan transparan dan tepat sasaran. Selain itu, Apdesi setempat juga berupaya untuk meningkatkan berbagai potensi yang dimiliki Pekon dengan maksimal, seperti potensi Wisata Air Terjun, potensi Wisata Arung Jeram dan serta potensi Kerajinan Tangan. Hal tersebut diungkapkan oleh Setiawati, Selaku Ketua Apdesi Kecamatan Setempat, pekan lalu.

"sesuai dengan tujuan dibentuknya Organisasi Apdesi oleh Pemerintah yaitu ikut dalam memperjuangkan kemakmuran dan kesejahteraan Pemerintah dan Masyarakat desa, maka Apdesi Kecamatan Sumber Jaya berjuang untuk Lampung Barat Hebat dan Sejahtera, " ungkapnya.

Ia menjelaskan, Visi Lampung Barat Hebat dan Sejahtera dapat terlihat apabila Masyarakat telah memiliki keadaan ekonomi yang lebih baik, makmur, sehat dan damai. Memiliki keadaan wilayah yang Harmonis, Elok, Berdaya Saing, Aman dan Taqwa.


"Kita berjuang sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Lampung Barat," katanya.

Ia melanjutkan, seluruh anggota Apdesi, yang ada di lima Pekon, sejak awal telah berkomitmen untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera, dengan merealisasikan Bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) secara transparan dan tepat sasaran.

Dijelaskanya, Untuk bantuan DD dibagi untuk dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan kegiatan non fisik. Kegiatan fisik yaitu pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, sementara nonfisik meliputi kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat.

"Dari tahun 2018 hingga 2020 saja, Lima Pekon yang ada Di kecamatan Sumber Jaya, telah berhasil merealisasikan banyak bangunan infrastruktur seperti jalan, gorong - gorong, jembatan, Talut Penahan Tanah, dan masih banyak lagi yang lainya," ungkapnya.

Bahkan di tahun 2018, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tirtajaya, Pekon Sukajaya pernah menjadi wakil Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dalam Lomba Even Bumdes tingkat Provinsi lampung.

Namun ditahun 2020, setelah ditetapkannya undang -undang kementerian keuangan RI nomor 40 /PMK 07/2020 tentang perubahan atas peraturan menteri keuangan nomor 205/PMK .07/2019 tentang pengelolaan dana desa. Bantuan DD juga dialokasiakan untuk pemberian bantuan terhadap masyarakat berbentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dengan besaran nominal Rp 300 ribu per penerima bantuan.

ia juga menjelaskan jika pada tahun 2020, DD juga di gunakan untuk penanganan Covid 19, seperti Penyemprotan Desinfektan di berbagai wilayah Pekon, pembuatan keran cuci tangan, pembagian masker dan lain - lain.

"Kita Apdesi Kecamatan Sumber jaya, bekerjasama dengan pihak Puskesmas dalam menanggulangi wabah Virus Covid 19," tambahnya.

Selain itu, Apdesi Kecamatan Sumber Jaya, yang beranggotakan seluruh Aparatur Pekon juga berkomitmen dalam memajukan berbagai potensi wisata yang dimiliki Pekon, seperti Potensi Wisata Air Terjun Cengkaang yang terletak di Pekon Way Petay, dan Wisata Arum Jeram Way Besai yang melintas di Pekon Sindang Jaya. Serta wisata air lainnya. (Red)