Home Lampung Tengah Pendidikan

Asep : Selama Tuntutan Masih Wajar, Kita Tampung Aspirasi Siswa

221
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Ketua Komite SMAN 1 Terbanggi Besar, Lampung Tengah (Lamteng), Asep Rakhmadin mengatakan, selama permintaan atau tuntutan siswa masih dalam batas kewajaran, maka pihaknya akan dapat menerimanya, namun sementara masih ditampung dulu. 

Pernyataan ini disampaikannya saat dihubungi via phonsel, sesaat usai dirinya menemui para siswa yang berunjukrasa di halaman depan sekolah, Senin (30/9/2019). 

Menyikapi aksi demo siswa, Asep menganggap apa yang dilakukan oleh siswa, sebagai bentuk penyampaian aspirasi yang santun, dan masih dalam batas kewajaran.

"Kita pahami bersama, ini adalah dinamika yang terjadi pada dunia pendidikan, ya masih wajarlah. Penyampaian aspirasi siswa, kita support aksi mereka, selagi itu masih dalam batas kewajaran," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, terkait tuntutan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan dana Komite, yang menjadi tuntutan siswa agar transparan, pihaknya menanggapi normatif.

"Semua pengelolaan anggaran bersifat terbuka. Kita selalu laporkan kepada wali murid, setiap akhir tahun kalender pendidikan," ungkap Asep.

Ditambahkannya, penyampaian aspirasi oleh siswa di sekolah, merupakan bentuk demokrasi kecil yang ada dilingkup pendidikan, dari sini justru bisa jadi proses pembelajaran, bagi semua pihak terkait dan pemangku kepentingan. 

"Kalau aspirasi yang sifatnya wajar, pasti bisa ditampung. Tetapi kalau tidak masuk akal, ya tidak bisa diakomodir. Contohnya ketika ada keinginan menghapus fullday school, atau menghilangkan PR. Itu kan ketentuan kurikulum, yang telah dibuat oleh Kementerian Pendidikan. Jadi tidak bisa dirubah, hanya karena tuntutan siswa," pungkasnya. (Gun)