Home Bandar Lampung Pemerintahan Daerah

Atasi Kemacetan Menuju Destinasi Wisata di Pesawaran, Pemprov Lampung Akan Bangun Akses Laut di Teluk Bandar Lampung

206
0
SHARE
caption foto

Handalnews.id, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung rencanakan pembangunan akses penyeberangan di Teluk Bandar Lampung untuk menuju beberapa destinasi wisata pantai di Kabupaten Pesawaran. 

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Herlina Warganegara menjelaskan, nantinya akan dibangun dermaga di Teluk Bandar Lampung untuk penyeberangan kapal.

Akses laut tersebut diyakini menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan yang sering terjadi di jalan ruas RE Martadinata khususnya saat masa libur tiba.


“Itu masuk dalam kawasan ekonomi khusus. Seperti saat ini jalan menuje Mutun itu kan macet pada waktu-waktu tertentu. Solusinya nanti akan ada suatu dermaga untuk menuju ke sana. Kan di Pesawaran banyak pulau-pulau seperti Tanjung Putus, Kelagian, Pahawang, Legundi,” jelas Herlina saat diwawancara di lingkungan kantor Pemprov Lampung, Selasa (2/7).


Namun terkait adanya sedikit penolakan dari para nelayan Kelurahan Sukaraja Bandar Lampung yang menghawatirkan jika dibangun dermaga malah akan mengganggu aktivitas bagi para para nelayan mencari hasil laut, Herlina menganggap perlu adanya duduk bersama dengan nelayan setempat.


“Harus duduk bersama dulu. Kalau itu sudah dibuka, semua akan merasakan keuntungan, pasti kita sediakan fasilitas agar para nelayan juga tetap bisa melaut. Potensi Lampung ini kan perairannya luas, berpihak sekali pemerintah dengan nelayan itu. Dermaganya juga nanti gak besar,” tuturnya.


Menurutnya, setelah akses laut terbangun, maka tentu akan membuka lapangan kerja khususnya pada masyarakat setempat dan sangat menguntungkan. Karena kata dia, pariwisata merupakan transaksi yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.  “Secepatnya Insya Allah tahun 2020 bisa terealisasi pembangunannya. Masterplan nya lagi dibahas terus,” kata dia. (*)