Home Lampung Selatan Pariwara

Bahas RKP, Desa Sidosari Adakan Musrenbangdes 2021

226
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Pemerintah Desa Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2021. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Natar, BPD, perwakilan puskesmas, Bhabinkamtibmas, serta Stakeholder desa setempat. 

Fadli irawan, Selaku Kepala Desa setempat ketika diwawancarai oleh awak media ini mengatakan, Musrenbang Desa dilakukan untuk membahas, mengkaji, menentukan dan menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) tahun anggaran 2021 yang direncanakan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang ada di Desa.

Dia melanjutkan, dalam Musrenbang Desa pihak aparatur desa beserta seluruh stakholder seperti berbagai lapisan masyarakat Menentukan dan memutuskan prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan oleh desa tahun 2021, seperti untuk kegiatan yang dianggarkan oleh Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Namun menurutnya, ditahun 2021, anggaran Dana Desa, akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan dan pembinaan namun pihaknya juga sedang menunggu juga dari Pemerintah Pusat atau Kabupaten, apakah masih akan banyak dialokasikan untuk penganganan Covid 19.

"Kita lihat dari pemerintah pusat apabila DD akan digunakan Untuk penangana covid 19 seperti BLT DD, makan akan dilakukan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Perubahan," katanya.

Kemudian lanjutnya, dalam Musrebang desa  juga membahas  prioritas masalah daerah yang ada di desa yang akan diusulkan melalui musrembang kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah dan dibiayai melalui APBD kabupaten/kota, Provinsi dan APBN.

Dirinya berharap, di tahun 2021, semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar, seperti apa yang telah dibahas. 

Selain itu dari pantauan awak media ini pada saat acara berlangsung, seluruh masyarakat desa mendapatkan ruang untuk menyampaikan aspirasi dan mengusulkan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Musrenbang Desa yang berjalan dengan sangat baik tanpa lupa mematuhi protokol kesehatan di Desa Sidosari harus layak apresiasi dan menjadi contoh untuk desa - desa lainnya.  (Rizal)