Home Lampung Selatan Pemerintahan Daerah

Bawaslu Lamsel Lakukan Audiensi Dengan Bupati

98
0
SHARE
Foto dok: Tuti

KALIANDA (HandalNews) Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan melakukan audiensi dengan Bupati Lampung Selatan. Kehadiran Ketua Bawaslu Lampung Selatan, Hendra Fauzi, dan jajaran diterima Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di ruang kerja bupati setempat, Rabu (22/9/2021).

 
Nampak mendampingi Bupati Lampung Selatan, Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab, Badruzaman; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Thomas Amirico, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lainnya.

Ketua Bawaslu Lampung Selatan, Hendra Fauzi mengatakan, maksud kedatangannya adalah untuk menyampaikan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan berlangsung mulai tahun 2022 mendatang. “Kalau persiapannya kan 25 bulan sebelum pelaksanaan.

Tahapannya dimulai sekitar bulan Maret tahun depan,” terang Hendra Fauzi dalam audiensi itu.
Dia melanjutkan, terkait persiapan tahapan tersebut, pihaknya diminta untuk melaksanakan beberapa agenda kegiatan yang menjadi tugas dari Bawaslu.

Dia menyebut, terdapat tiga agenda utama yang akan dilaksanakan Bawaslu Lampung Selatan di tahun 2021. Pertama evaluasi Pilkada dan Pemilu tahun lalu, penguatan sistem informasi penyelesaian sengketa (SIPS), dan pengawasan partisipatif.

“Agenda ini diharapkan bisa terlaksana tahun ini. Karena waktu Pilkada Pak Bupati kemarin, basisnya masih manual, sekarang SIPS kita sudah online,” katanya.

Untuk itu, Hendra Fauzi berharap, pemerintah daerah bisa memfasilitasi Bawaslu Lampung Selatan dalam memberikan sosialisasi tahapan Pilkada dan Pemilu kepada masyarakat. “Jadi jika ada kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak, kami minta untuk diberi kesempatan untuk mengedukasi masyarakat tentang tahaoan Pelkada dan Pemilu. Jangan sampai nanti masyarakat kaget sudah waktunya Pilkada dan Pemilu,” katanya.

Hendra menambahkan, kehadirannya tersebut juga dalam rangka memperkenalkan pengurus baru yang ada di Bawaslu Lampung Selatan. Mengingat beberapa komisioner dan pengurus yang ada sudah memasuki usia pensiun. “Memang ada beberapa yang pengurus yang pensiun, dan kita sudah mengajukan penggantinya. Harapannya sebelum tahapan dimulai sudah ada penggantinya,” tuturnya.

Sementara, menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menyambut baik kegiatan yang akan dilaksanakan Bawaslu di tahun mendatang. Namun demikian, Nanang berpesan untuk Bawaslu tidak hanya mensosialisasikan kegiatan yang akan dilakukan namun juga harus mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan.

“Kita berkaca pada pelaksanaan Pilkades. Semestinya dilaksanakan bulan Agustus kemarin tetapi karena situasi kita levelnya naik turun, maka tahapannya tertunda. Untuk itu saya minta dengan pihak Bawaslu tidak hanya menyosialisasikan kegiatan Pilkada dan Pemilu saja. Tetapi juga ikut membantu pemeriintah daerah menyosialisasikan tentang pentingnya protokol kesehatan,” kata Nanang.

Dalam kesempatan itu, Nanang juga menyatakan siap memfasilitasi Bawaslu yang ingin bersama pemerintah daerah menyosialisasikan tentang tahapan Pilkada dan Pemilu.

“Nanti saya akan kasih waktu luang, tinggal berkoordinasi. Nanti camat langsung yang mengumpulkan aparat desa dan para tokoh masyarakat. Jadi tidak dicampur dengan kegiatan pemerintah daerah, dengan begitu Bawaslu akan lebih fokus,” tandasnya. (Tuti)