Home Lampung Tengah Hukum

Bekerjasama Dengan Polres Lamteng, Lapas Gunungsugih Razia Narkoba

165
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Bekerjsama dengan Satuan Res Narkoba Polres Lampung Tengah (Lamteng), Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Gunungsugih mengadakan pemeriksaan dan penggeledahan di seluruh ruang tahanan Lapas setempat, Sabtu (14/12/2019).

Operasi gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Gunungsugih, Syarpani, dengan memeriksa satu persatu seluruh kamar hunian. Dari Sat Narkoba dipimpin oleh Kanit Idik I Sat Narkoba Polres Lamteng, Aipda Arinanda PG bersama beberapa anggotanya.

Tidak terkecuali, semua barang yang ada dalam setiap ruangan diperiksa dengan teliti. Petugas Lapas juga turut dalam pemeriksaan itu, guna memastikan dalam lingkungan Lapas setempat, tidak terdapat barang terlarang jenis Narkoba.

Penggeledahan dilakukan pada siang hari, setelah pergantian regu pagi ke siang, pada saat kamar hunian dalam keadaan terkunci. Tanpa basa-basi tim segera menyasar kamar hunian dan langsung melakukan penggeledahan, yang dibagi dalam tiga tim.

Satu persatu para narapidana dikeluarkan dan diperiksa barang-barangnya, termasuk yang berada didalam sel juga tidak luput dari pemeriksaan dan penggeledahan.

Kalapas Syarpani menjelaskan, bahwa pemeriksaan para napi dan penggeledahan kamar hunian ini dilakukan secara mendadak, bahkan petugas Lapaspun tidak ada yang mengetahui sebelumnya.

“Kami bersama Polres Lampung Tengah telah berkoordinasi sebelumnya, untuk dilakukan penggeledahan secara mendadak, dengan tanpa diketahui oleh petugas Lapas, untuk menjamin tidak ada kebocoran informasi akan adanya penggeledahan ini," ujarnya.

Penggeledahan ini, imbuh Syarpani lagi, dengan target utama barang-barang terlarang seperti narkoba, handphone dan barang berbahaya lainnya.

Setelah beberapa jam melakukan penggeledahan, tim berhasil menemukan tiga unit handphone, charger, sejumlah korek api gas, kabel, pisau rakitan dan ikat pinggang besi, yang berhasil diamankan dari beberapa kamar, sementara narkoba tidak ditemukan.

Syarpani menuturkan, seluruh barang-barang terlarang yang telah disita tersebut, akan ditindaklanjuti guna mengetahui siapa pemilik dan untuk apa, selanjutnya akan diberikan sanksi adminisratif kepada napi pemilik barang tersebut.

“Narapidana yang terbukti memiliki HP akan dimasukan ke dalam sel pengasingan atau cell straft," tegasnya.

Sementara Kanit Idik I Sat Narkoba Polres Lamteng, Aipda Arinanda PG menyampaikan apresiasinya kepada Lapas Gunungsugih, karena telah bersinergi dan bekerjasama, dalam memberantas narkoba di dalam lapas.

“Semua upaya yang dilakukan oleh Lapas Gunungsugih sudah sangat baik, melakukan koordinasi dengan kami, bersinergi untuk melakukan penanggulangan dan pencegahan peredaran barang-barang terlarang di dalam lapas, termasuk yang kami khawatirkan adalah peredaran gelap narkoba. Tetapi Alhamdulillah tadi zero," ujarnya. (Gun/ Fazri)