Home Tanggamus Hukum

Bongkar Praktik Penyalahgunaan Dana Desa Pekon Tala Gening TA. 2019

1454
0
SHARE
Fhoto Ilustrasi : handalnews.id

Handalnews.id, Tanggamus - membongkar praktik penyalahgunaan Dana Desa Pekon Tala Gening 2019, senilai Rp 1,1 milyar. Seperti kita ketahui
Permendesa PDTT No 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020,
dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan.

Adanya dugaan tersebut muncul lantaran banyak nya keluhan Warga atas kinerja Pjs. Dan Sekdes Ini beberapa bangunan Pekon Tala Gening yang tidak selesai dan sebagian bangunan tidak sesuai anggaran.

Seperti Penyelenggaraan Pos Kesehatan Desa (PKD)/Polindes Milik Desa (Obat-obatan; Tambahan Insentif Bidan Desa/Perawat Desa; Penyediaan Pelayanan KB dan Alat Kontrasepsi bagi Keluarga Miskin, dst) Rp 324.000.000 juta.
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/Prasarana Posyandu/Polindes/PKD Rp 240.200.000. Juta.

Diduga anggaran Pekon Tala Gening tidak sesuai dengan Pos anggaran dan tidak sesuai dengan RAB. Faktanya anggaran hanya dipakai untuk Pos Kesehatan Desa (PKD) polindes Milik Desa. Namun kenyataan nya peralatan tidak ada.

Adanya hal itu diharapkan Aparat Penegak Hukum serta Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk turun tangan dan mengusut tuntas praktek yang diduga kuat banyak penyimpangan tersebut.
(Red)