Home Lampung Tengah Pendidikan

BOS SMAN 1 Kalirejo Dikelola Profesional dan Transparan

370
0
SHARE
Kepala SMA Negeri 1 Kalirejo, H. A Syarief Hamka, S. Pd. (Foto dok :Handalnews.id)


Handalnews.id, Kalirejo - Menerapkan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang professional dan transparan merupakan salah satu kunci kemajuan dan kelancaran pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kalirejo, Lampung Tengah.

Kepala SMA Negeri 1 Kalirejo, H. A Syarief Hamka,
S. Pd kepada awak Koran ini mengatakan jika pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) harus dilakukan secara transparan serta terbuka secara umum dan melibatkan semua struktur sekolah. Baik guru, komite sekolah maupun orang tua siswa.

Menurut Syarief Hamka, hal ini penting agar penggunaan dana BOS dapat berjalan lancar sesuai dengan komitmen bersama dalam mengelolanya. Demi kemajuan dan kelancaran pendidikan di suatu sekolah. “Maka itu, program ini harus didukung secara bersama-sama dalam menyukseskannya,” ujarnya.
Syarief Hamka juga mengimbau kepada jajarannya di SMA Negeri 1 Kalirejo agar dapat meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan dana BOS sesuai dengan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis.

Diharapkannya, dengan memahami aturan main akan dapat menghindari terjadinya penyimpangan, penyalahgunaan dan pemanfaatan dana BOS tersebut tidak sesuai ketentuan.

Selain itu, dia juga tidak pernah merasa keberatan ataupun risih jika ada pihak-pihak terkait seperti Inspektorat, dinas pendidikan ataupun masyarakat yang berkenan mengawasi penggunaan dana BOS disekolahnya.

“Semua laporan penggunaan dana BOS di SMA Negeri 1 Kalirejo harus bersifat akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Bagi Syarief Hamka, dengan adanya pengelolaan dana BOS yang lebih profesional, transparan, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan, kedepannya dapat memberikan kesempatan bagi siswa yang kurang mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang lebih terjangkau dan bermutu.

Semua itu, lanjutnya, sangat berkaitan erat dengan fungsi utama pendidikan sebagai penghantar kemajuan bagi generasi penerus bangsa. “Bangsa yang besar tidak di ukur dari banyaknya sumber daya alam maupun kekayaan Negara, melainkan dari kualitas sumber daya manusianya,” imbuh Syarief Hamka.

“Sebab itu, kami di SMA Negeri 1 Kalirejo memiliki komitmen bersama untuk mengelola dana BOS dengan baik serta mengedepankan prinsip akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi dan seterusnya, karena hal ini juga bagian dari parameter Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dalam rangka menyelenggarakan good government dan clean government. Dan itu merupakan keharusan dari kita sebagai ASN dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan,” tambah dia.

Menurut H. Syarief Hamka, S.Pd sejak memasuki era otonomi, tantangan pembangunan yang dihadapi daerah semakin kompleks. Tantangan tersebut bukan hanya sekedar tuntutan masyarakat akan kebutuhan pembangunan fisik semata, melainkan juga tuntutan akan semakin meningkatnya kualitas pelayanan pendidikan khsususnya di bidang administrasi pelayanan di sekolah-sekolah.

“Saat ini pemerintah hadir dengan segala programnya termasuk program BOS ini, oleh karenanya itu betul-betul membutuhkan satu pengawalan secara administratif, perencanaan yang baik, sehingga apa yang digulirkan secara pembiayaan itu benar-benar akan memberikan manfaat,” tandasnya. (Iron Guna)