Home Lampung Tengah Agama

Bupati Lamteng Izinkan Sholat Ied di Masjid dan Musholla 

192
0
SHARE
Foto: Dok HandalNews.id

HandalNews.id, Lampung Tengah - Bupati Lampung Tengah (Lamteng), H. Musa Ahmad, S.Sos., membacakan surat himbauan sekaligus izin kepada seluruh umat muslim di wilayahnya, untuk melaksanakan Sholat Ied pada Hari Raya Iedul Fitri 1 Syawal 1442 H. - 2021 M., yang jatuh pada Kamis 13 Mei 2021. 
 
Izin tersebut merujuk pada Surat Edaran (SE) Gubernur Lampung Nomor : 045.2/1807/02/2021. Tanggal 10 Mei 2021. Tentang penyelenggaraan Sholat Iedul Fitri 1442 H. - 2021 M., yang dibacakan di depan rumah dinas (Rumdin) Bupati Lamteng, Selasa (11/5/2021) lalu. 
 
Bupati Musa Ahmad juga di dampingi Kapolres Lamteng, Asisten Bidang Pemerintahan, Drs. Kusuma Riadi, Asisten Bidang Administrasi dan Keuangan Drs. H. Sarjito, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Drs. Eko Dian Susanto, Kepala Dinas Perhubungan, Helmi Zen, Kepala Dinas PMKK Drs. Firdaus Rokain, dan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Otniel Sriwidiyatmoko. 
 
Ada beberapa poin penting dalam himbauan tersebut, Sholat Ied dapat dilaksanakan, namun dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, yaitu dilaksanakan di dalam masjid dan musholla, jumlah jamaah hanya 10 persen dari kapasitas tempat ibadah, menjaga jarak dan memakai masker. 
 
Tidak dianjurkan Sholat Ied di lapangan terbuka, untuk memecah konsentrasi massa yang besar dalam satu lokasi. Selain itu, jamaah juga diminta membawa sajadah dari rumah, tidak bersentuhan atau bersalaman, dan khusus bagi warga yang baru tiba dari luar daerah, dianjurkan untuk Sholat Ied di rumah. 
 
Pemerintah daerah juga tidak mengizinkan warga melakukan takbir keliling, pelaksanaan takbir cukup dilaksanakan di dalam masjid dan musholla. Karena dikhawatirkan, akan terjadi kerumunan warga dalam waktu lama, dan pertemuan warga dari luar daerah yang baru tiba. 
 
"Himbauan ini perlu kami sampaikan, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kita bersama. Kepada seluruh panitia Sholad Ied dan tim Gugus Tugas Covid-19, agar memantau kegiatan tersebut dan bener-bener diperhatikan," harap Bupati. 
 
Kepada seluruh aparatur kecamatan dan kampung, Bupati Musa Ahmad juga berharap, agar turut mengawasi pelaksanaan Sholat Ied di wilayahnya masing-masing, berkoordinasi dengan seluruh anggota Forkopincam dan Gugus Tugas Covid-19 disemua tingkatan. (Gun)