Home Tulang Bawang Pemerintahan Daerah

Bupati Tubaba Dorong DPRD Bentuk Pansus 

66
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

HandalNews.id, Tubaba - Terkait kisruh pembangunan pasar semi modern Pulung Kencana, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Bupati Umar Ahmad, telah mendorong DPRD Tubaba, untuk segera membentuk Pantia khusus (Pansus) pasar. 
 
Dorongan dibentuknya Pansus pasar, disampaikan Bupati saat sidang paripurna DPRD, tentang pembicaraan tingkat satu atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) LKPJ APBD 2020, pada (2/6/2021) lalu. 
 
Seperti disampaikan oleh ketua lembaga Kajian Kritis Kebijakan Pembangunan (K3P) Tubaba, Ahmad Basri, ada yang menarik dari hasil sidang paripurna DPRD beberapa waktu lalu. Bupati sebagai pemegang otoritas penuh di Tubaba, serta pemegang amanat penggunaan atas APBD telah memberikan pernyataan yang harus disikapi. 
 
Bupati tidak ingin, polemik pembangunan pasar yang menelan dana sekitar Rp77 milyar itu terus berkepanjangan, hingga jadi konsumsi pembicaraan publik, bahkan jadi ajang saling menyalahkan antara lembaga eksekutif, legislatif dan pengembang. 
 
Karenanya, tidak salah bila bupati memberikan kewenangan kepada pihak DPRD membentuk Pansus, untuk mencari titik terang dimana persoalan tersebut muncul, hingga dapat diselesaikan secara baik. Jangan lagi ada drama saling tuduh antara pemerintah, DPRD dan pihak pengembang. 
 
Tawaran pembentukan Pansus DPRD, adalah satu langkah maju yang dikemukakan oleh Bupati. Selanjutnya tinggal bagaimana sikap DPRD untuk segera menindaklanjutinya. DPRD harus bersikap pro aktif, jangan hanya pasif atau diam tanpa berbuat sesuatu, karena ini menyangkut kepentingan umum. 
 
Diharapkan, dengan terbentuknya pansus DPRD nantinya, polemik yang sedang melilit pembangunan pasar tersebut, bisa segera selesai dengan mengurai benang merahnya. Pihak eksekutif harus segera action, sesuai dengan kewenangannya sebagai pengawas pembangunan dan penggunaan anggaran. (Jazuli)