Home Way Kanan Pemerintahan Daerah

Bupati Way Kanan Siap Menjalankan Amanah Masyarakat Menjadi Bupati Dua Periode

145
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Way Kanan - Kandidat Calon Petahana Bupati H. Raden Adipati Surya, Kabupaten Way Kanan yang diberikan oleh Masyarakat kepercayaan kepadanya untuk maju kembali pada Pilkada 2020.

"Tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Saya yang telah memberikan Kepercayaannya kepada saya kembali ikut pada pilkada mendatang," katanya.


Bupati Raden Adipati menambahkan dirinya siap menjalankan amanah Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Way Kanan yang telah menyerahkan rekomendasi partai kepada dirinya Calon Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya untuk menggunakan perahu PAN dalam Pemilukada 2020.

Disisi lain, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat Kabupaten Way Kanan juga telah mendeklarasikan dukungan untuk Raden Adipati Surya agar kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Way Kanan 2020. Raden Adipati dinilai sukses memimpin daerah itu dan layak melanjutkan pada periode kedua. 

"Upaya yang telah dilakukan adalah dengan membangun jalan poros kabupaten secara tuntas. Pada tahun 2016 telah dibangun sepanjang 135,915 KM, di tahun 2017 sepanjang 191,252 KM, tahun 2018 Rp. 188 KM yang merupakan bagian dari prioritas pembangunan jalan poros dengan panjang 666 km yang dilakukan secara bertahap dari tahun 2016 hingga 202," Kata Mereka.

Dari sisi kesehatan, terus diupayakan peningkatan umur harapan hidup melalui peningkatan pelayanan kesehatan baik melalui puskesmas maupun RSUD. Kondisi ekonomi tergambarkan lima tahun terakhir dengan pertumbuhan yang stabil pada kisaran 5,11% ditahun 2017.

"Dan tentu kita berharap pada tahun 2021 dapat mencapai pertumbuhan yang siginifikan sehingga menjadi landasan kuat untuk menjadi daerah yang lebih maju. Untuk kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB masih cukup besar mencapai 36,37%, dimana untuk tanaman pangan saat ini tanaman padi, dan singkong merupakan komoditas unggulan. Sedangkan dari sektor perkebunan tanaman karet, kopi, lada, sawit, dan tebu," sebutnya.

Selain pertanian, sektor industri pengolahan juga mulai berkembang dengan baik di Kabupaten Way Kanan dengan kontribusi terhadap PDRB sudah mencapai 22,75%.

Diketahui Beberapa penghargaan juga telah didapat Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan terkait penyelenggaraan pemerintahan antara lain:
1. Penghargaan Dari Presiden Atas Raihan WTP Lebih Dari Lima Kali Berturut Turut. 21 September 2016.
2. posisi 4 (empat) besar dalam lomba Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Lampung ke-45 yang diselenggarakan di Kabupaten Pesawaran, tahun sebelumnya Berada pada posisi juru kunci peringkat 15, 27 April 2017.
3. Mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ketujuh kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, 15 Juni 2017.
4. Berhasil meraih penghargaan paramesti dari menteri kesehatan Republik Indonesia, tersebut atas keberhasilan kepala daerah dibidang kesehatan dengan menetapkan peraturan tentang Kawasan Tanpa Rokok12 Juli 2017.
5. Meraih penghargaan dari Dari kementerian pemberdayaan anak perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia atas keberhasilan dalam percepatan cakupan pemberian akta kelahiran anak tahun 2017 lebih dari 96 Persen, 22 Juli 2017.
6. Meraih penghargaan tim pengendalian inflasi daerah pendatang baru berprestasi Tahun 2016 Dari Bank Indonesia,27 Juli 2017.
7. Penghargaan Dari Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia Sebagai Bupati Inisiator Kabupaten Layak anak.
8. Meraih penghargaan dari gubernur Lampung sebagai kabupaten dengan pencapaian kinerja penyalur Rastra terbaik tahun 2017.
9. Peringkat Ke V Keterbukaan Informasi Publik Dari Komisi Informasi Provinsi Lampung.
10. Peringkat Pertama Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017.
11. Predikat Utama Puskesma Way Tuba Dari Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan RI.
12. Juara Ke-3 Lomba P3KSS tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017.
13. Menerima Penghargaan Top Regent Of The Year 2017 dari Seven media, dan The Key People Magazine bekerjasama Clock Research & Development serta Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo, dan kementerian desa dan PDTT Republik Indonesia.
14. Menerima penghargaan dari Deputi direksi BPJS wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung karena telah menjamin rakyatnya sejahtera melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS dan mendukung percepatan cakupan semesta Tahun 2019.
15. Juara Harapan Pertama Lomba Masakan Serba Ikan tingkat Nasional.
16. Juara Pertama Lomba B2SA Tingkat Provinsi Lampung.
17. Di anugerahi penghargaan lencana dharma bhakti dari kwartir Nasional Gerakan Pramuka Republik Indonesia.
18. Menerima penghargaan Tanda Jasa Bakti Koperasi Tahun 2018 Dari menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia
19. Menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN.
20. Menerima Anugerah Pendidikan Indonesia.
21. Peringkat Ketiga Lomba Kesrak PKK KB –Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2017.
22. Penghargaan sebagai Kabupaten cukup peduli hak asasi manusia tahun 2016 dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
23. Peringkat ke-2 Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-46 tahun 2018 yang diselenggarakan di kota Bandar lampung.
24. Penghargaan Adipura kategori Kota Kecil yang diserahkan oleh Wakil Presiden Yusup Kalla pada tanggal 14 Januari 2019. (Red)