Home Lampung Tengah Pendidikan

Calon Siswa Kelas X SMAN 1 Terbanggi Besar Ikuti Tes IQ

127
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Untuk keperluan penempatan kelas IPA dan IPS, seluruh calon siswa kelas X SMAN 1 Terbanggi Besar, Lampung Tengah mengikuti tes IQ, yang dilaksanakan selama dua hari. 

Dikatakan Kepala SMAN 1 Terbanggi Besar, Haryono, S.Sos., M.Pd., saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/7/2020). Tes ini bertujuan, agar jurusan yang jadi pilihan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan, sehingga nantinya tidak terjadi kesenjangan, antara kemampuan berfikir dengan jurusan yang diambil. 

"Ya sangat perlu kami lakukan tes IQ, agar jurusan yang dipilih oleh siswa, sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing siswa. Karena yang kami harapkan, nantinya siswa memiliki keahlian sesuai dengan kemampuannya," jelasnya. 

Ditambahkan Haryono lagi, tes IQ yang melibatkan dua orang tim ahli Psikolog dari Bandarlampung, dilaksanakan selama 2 hari yaitu Senin dan Selasa (29-30/6/2020) lalu. Kegiatan ini dilakukan dua tahap dalam sehari, yaitu pagi dan siang.

Pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020/2021 ini, kegiatan tes IQ tetap dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagai agenda rutin, untuk mengarahkan siswa pada jurusan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. 

"Jumlah siswa yang kami terima di sekolah ini, telah disesuaikan dengan kapasitas yang tersedia di SMAN 1 Terbanggi Besar. Sehingga proses belajar dan mengajar akan berjalan normal, karena semuanya telah disesuaikan kemampuan atau fasilitas yang ada di sekolah ini," ujar Haryono. 

Selama kegiatan tes IQ dilaksanakan, tim ahli Psikolog juga didampingi 5 orang guru Bimbingan Konseling (BK) dari sekolah setempat. Dan untuk biaya tes IQ ini, seluruh biaya seluruhnya tanggung pihak sekolah, siswa sama sekali tidak dikenakan biaya apapun.

"Kegiatan tes IQ yang dilaksanakan selama dua hari ini, seluruhnya biaya ditanggung oleh sekolah, siswa tidak kami pungut 1 rupiah pun. Kami berharap, para siswa tetap nyaman dan kondusif selama kegiatan, dan siswa tidak berfikir atau terbebani dengan biaya," pungkas Haryono. (Gun)