Home Lampung Tengah Pendidikan

Cara Efektif Siswanto Majukan SMAN 1 Seputih Agung

129
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng-Sekolah merupakan surga ilmu bagi para pelajar. Tak satupun manusia tidak membutuhkan ilmu bagi kehidupannya, itulah sedikit kutipan kata Siswanto selaku Kepala SMA Negeri 1 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah.

Ada cara memajukan sekolah secara Efektif kata Siswanto, ketika dihubungi Via Whatsap. Menurutnya, cara pertama ialah,  Tata tertib lebih tegas dan mendidik. Pengembangan Karakter Siswa. KBM yang seru. Pengadaan acara tahunan. Simple, but works. Pengembangan Ekstrakurikuler dan Guru dan siswa diselaraskan.

Dari cara-cara tersebut, sebagai kepala sekolah saya mencoba untuk lebih memahaminya contoh melakukan pengembangan karakter siswa, Banyak sekolah yang mempunyai kesulitan menghadapi murid-muridnya.

*Lebih baik, mengajak siswa untuk terbuka mengenai masalah yang ada dan apa yang siswa inginkan. Selain itu juga murid yang sikapnya berbeda arah lebih baik dihimbau agar masa depannya bukan IQ baik saja, tetapi EQ juga terdidik," katanya.

Lanjutnya, Pengembangan Ekstrakurikuler lalu  Guru dan siswa diselaraskan, kedua cara ini bila kita upayakan dengan semaksimal maka akan terwujud cita-cita memajukan sekolah, karena uraiannya  Pengembangan Ekstrakurikuler, Untuk Eskul, sekolah kita tercinta sudah lumayan banyak. Tidak perlu eskul yang seperti cheerleader atau pun golf. Tetapi sepertinya, perlu dibuat sebuah acara untuk unjuk bakat dari eskul itu sendiri, agar calon siswa yang akan masuk semakin tertarik.

"Guru dan siswa diselaraskan adalah sebuah hubungan yang tidak asing. Lebih baik, guru lebih bersikap sebagai mana orang tua yang baik dan penyayang, bukan sebagai momok tersendiri bagi murid. Lebih baik lagi ada penyuluhan tersendiri bagi guru agar lebih friendly dan makin disukai murid. Dengan begitu KBM lebih menyenangkan," jelasnya.

Siswanto menambahkan, penjelasan diatas adalah cara efisien bagi saya untuk mewujudkan sekolah yang maju, semua berjalan baik.

"Insyallah SMA Negeri 1 Seputih Agung, akan selalu bersaing dengan SMA-SMA besar di Provinsi Lampung atau diluar provinsi untuk memperebutkan torehan prestasi. dan saya berjanji akan semaksimal mungkin menjalankan tugas sebagai pemimpin," tegasnya.  (Hadi Saputra)