Home Tanggamus Pemerintahan Daerah

Catatan Sejarah, Gubernur Arinal Buka Musrenbang Tanggamus

194
0
SHARE
Poto : Adv

Handalnews.id, Tanggamus - Catatan Sejarah Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi didampingi Bupati Dewi Handajani dan Wakil Bupati AM. Syafi’i memukul gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang 2020 di Kabupaten Tanggamus, Selasa (10/3).

Untuk kali pertama sejak ditetapkan sebagai kabupaten 23 tahun lalu, Musrenbang yang dibuka oleh Gubernur, Arinal Djunaidi di laksanakan di Aula  Islamic Center Kotaagung.

Selain Gubernur Lampung  kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi’i, Anggota DPD RI Bustami Zainudin, Forkopimda. Dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi.   

Dalam sambutan Arinal Djunaidi selaku Gubernur mengatakan, kehadirannya dalam Musrenbang Tanggamus untuk mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat. Hal itu disampaikan Panitia acara.


Menurut Arinal, Tanggamus menjadi salah satu kabupaten/kota di Lampung yang mendapat kucuran APBD provinsi tertinggi.

“Tanggamus mendapat kucuran dana dari provinsi sebesar Rp 33 miliar. Waykanan, daerah saya saja kalah. Ini karena Tanggamus merupakan salah satu yang masuk dalam RPJMN, sebagai salah satu kawasan industri di luar Pulau Jawa. Karena itu Pemprov Lampung harus men-support,” tegasnya.

"Terlebih Ibu Bupati, sangat aktif kalau ada kegiatan di pemrov," tambahnya.

Acara musrembang yang di laksanakan Kabupaten Tanggamus selama  3 hari tersebut. Resmi ditutup oleh Wakil Bupati, Bapak AM Syafi'i, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua Dharmawanita Persatuan Kabupaten Tanggamus dan  Hadir Forum Komunikasi Perangkat Daerah Kabupaten Tanggamus, Bapak Dandim, Kapolres dan Kejari. 

Dalam rangkaian penutupan ini beberapa agenda acara telah dilaksanakan yaitu Grand Final pemilihan POD 2020 dan pembagian Hadiah dari beberapa rangkaian  kegiatan  Musrenbang antara lain,  Lomba Kaligrafi tingkat pelajar dan tingkat umum, dan dalam rangka melestarikan seni budaya Lampung panitia juga menyelenggarakan  festival seni budaya Lampung dengan dua perlombaan yaitu Tari Kreasi Lampung untuk tingkat pelajar SMA/sederajat dan Lomba Lagu Gambus Lampung untuk kategori umum, Lomba Musrenbang Film Festival, kemudian lomba stand Musrenbang expo terbaik dan juga Pemilihan Puteri Otonomi Daerah sebagai Duta Pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 dan di hari ketiga ini adalah menentukan 1 (satu) orang pemenang sebagai Wakil Duta Pembangunan ke ajang Nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center.

Sedangkan pembagian trophy Tanggamus Award untuk kategori perusahaan dan OPD telah dilaksanakan pada acara pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 pada tanggal hari Selasa 10 Maret 2020.

Pada penutupan acara tersebut, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen baik OPD, masyarakat, LSM, Pers dan Panitia atas suksesnya Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Musrenbang RKPD 2021 Kabupaten Tanggamus yang dilaksanakan selama 3 (tiga) yang dimulai pada tanggal, 10 sampai dengan tanggal 12 Maret 2020.

"Kita berharap semoga hasil Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah dapat terimplementasikan dengan baik sesuai dengan 8 perisai pembangunan  dan sejalan dengan Visi Misi dan Program 55 Aksi De-Sa Asik," ungkap Syafi’i.

Terkait dalam kegiatan ini Hendra Wijaya selaku kepala Bappelitbang Tanggamus mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sedang memfokuskan Musrenbang RKPD Tahun 2021 ini agar sesuai dengan Permendagri 90 Tahun 2019.

"Sebagai langkah dalam mensinkronisasikan antara program dan kegiatan secara terpusat dan diperlukan konsistensi perencanaan dan penganggaran khusus untuk pembangunan daerah saat ini, yaitu Daerah sendiri yang membangun Daerah bukan hanya pusat," ujarnya.

Implementasi Permendagri RI Nomor 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Kodefikasi Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah, Kodefikasi dan nomenklatur pembangunan dan keuangan daerah diharapkan dapat menjadi instrumen yang disetujui, sementara itu untuk mewujudkan perencanaan dan penganggaran.

"Kemendagri melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah telah membuat peta jalan yang terdiri dari perencanaan pembangunan dan penganggaran; mengatur nomenklatur program dan kegiatan; pembaharuan program database dan kegiatan dalam aplikasi perencanaan dan penganggaran (e-planning dan e-budgeting); e-perencanaan pembangunan daerah melalui aplikasi; e-budgeting," ungkap Hendra Wijaya

Dalam rangka pencapaian rumusan tersebut diperlukannya sinergitas dengan OPD sekabupaten Tanggamus untuk percepatan pencapaian sasaran kegiatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai percepatan pencapaian pembangunan.

"Sesuai dengan tema Pembangunan Nasional Pada Tahun ini yaitu Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan  Dan Pelayanan Publik Untuk Pertumbuhan Yang Berkualitas," terang Hendra Wijaya.

Diketahui pada penutupan kegiatan musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2021 telah diumumkan masing-masing para pemenang lomba antara lain
1.Lomba Kaligrafi Tingkat Pelajar
-Juara I Teguh Yuhono (SMA 1 Sumberejo)
-Juara II Yuda Dwi Andesta (MAYPPTQMH Ambarawa)
-Juara III Via Arviana (MAYPPTQMH Ambarawa)
-Juara Harapan I Ana Asmarita (TPA MI)
-Juara Harapan II Cira R.  (ADV)