Home Lampung Selatan Politik

Covid 19 Tak Kunjung Hilang, RMI Sosperda No 3 Tahun 2020 di Kota Dalom

149
0
SHARE
Foto dok: HandalNews

HandalNews.id, SIDOMULYO - Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Ir. Raden Muhammad Ismail (RMI) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan Pengendalian Virus Covid 19, di Desa Kota Dalom Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu, (10/7/21). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Adat Desa Kota Dalom tersebut dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). 

Hadir pada acara tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan Fraksi Partai Demokrat, H. Abu Bakri S.Pd., MM., Kepala Desa Kota Dalom, Asli Jauhari, Sekretaris Kecamatan Sidomulyo,Ketua BPD Desa Kota Dalom, Seluruh Kadus dan Ketua RT serta Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Penggiat Kesehatan dan Ketua serta Tim Penggerak PKK Desa Kota Dalom. 

Selain itu, hadir sebagai Nara sumber pada kegiatan Sosperda, DR. Ambya SE, M.Si

dari Universitas Lampung (Unila), dr. Nuyen Meutia Fitri, Mars., ASN dari Rumah Sakit Umum Daerah, Abdul Moeloek serta di Moderatori oleh Safriza Syani, S.E., Akt.

Dalam Sambutanya, Ir. Raden Muhammad Ismail menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat khususnya perangkat desa yang sudah menyambut dengan sangat baik dirinya. 

Menurutnya, datang ke Desa Kota Dalom seperti datang ke kampungnya sendiri. 

"Ini bukan kali pertama saya datang ke sini, saya seperti datang ke kampung saya sendiri saya senang bisa berjumpa dengan kakanda H. abu Bakri dan Kakanda Asri Jauhari, serta masyarakat disini," ungkapnya. 

Dirinya mengatakan, kedatangannya ke Desa Kota Dalom bertujuan untuk mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan Pengendalian Virus Covid 19. 

Selain kegiatan Sosperda, ia meneruskan, terdapat juga kegiatan Reses dan Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK). 

Ia menjelaskan kegiatan Reses ialah melakukan silaturahmi kepada masyarakat, menceritakan apa yang di lakukan oleh wakil rakyat serta menampung Aspirasi masyarakat. 

ilain sisi, Dr.Ambya SE., M.Si., dalam sambutanya menjelaskan, Dalam Peraturan Daerah No 3 Tahun 2020 terdapat 119 pasal yang mengatur tentang Adaptasi Kebiasaan baru dalam pencegahan virus Covid 19. 

"Buku yang bapak ibu terima itu berisi tentang Perda No. 3 tahun 2020, dalam Perda tersebut terdapat 119 pasal, saya akan mencoba untuk menyampaikan secara ringkas perda tersebut," katanya. 

ya juga menjelaskan jika adanya Perda No 3 tahun 2020 disebabkan karena adanya wabah Virus Covid 19 yang begitu dahsyat, lalu pada suatu saat terjadilah penurunan sehingga kondisi masyarakat membaik, dengan begitu perlu dilakukan penyesuaian kehidupan atau New Normal yang diatur pada Perda No 3 tahun 2020. 

Ia menjabarkan terdapat empat tujuan Perda yaitu, Melindungan masyarakat dari wabah Covid, Melindungi Masyarakat dari dampak Covid, Mewujudkan peran aktif masyarakat dalam rangkat pencegahan menyebarnya Covid 19 dan Memberikan kepastian hukum terhadap adaptasi kebiasaan baru. 

"Dengan Perda tersebut Munculah di situ tanggung jawab dari pemerintah, Pemerintah berupaya melindungi masyarakat dari wabah Covid 19 tersebut," katanya.  

Ia Mengajak masyarakat untuk berfikir dari sisi kanan atau secara positif tentang peraturan peraturan yang dilakukan oleh pemerintah. 

Selain itu, dr. Nuyen Meutia Fitri, Mars. dalam sambutanya mengatakan jika saat ini Virus Covid 19 naik dengan sangat signifikan, hal itu di tunjukan dengan ditetapkanya kembali Kota Bandar Lampung sebagai Zona Merah. 

Ia menghimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol kesehatan dengan 5 M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan , Menjaga jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.

Ia menjelaskan jika Virus Covid 19, bisa masuk dan tertular ke tubuh orang lain melalui 3 lubang yaitu, mulut, hidung dan mata. 

Ia mengungkapkan jika saat ini sudah terdapat 12 mutasi bentuk yang berubah dari Virus Covid 19. 

Selain itu, Kepala Desa Kota Dalom Bapak.l Asri Jauhari mengucapkan terima kasih kepada RMI yang telah menunjuk Desa Kota Dalom sebagai titik dalam penyelenggaraan SosPerDa, diharapkan peserta kegiatan yang hadir dapat mendapatkan manfaat dan membantu pemerintah dalam menyebarkan materi Perda kepada keluarga dan masyarakat di Sidomulyo khusus nya di Desa Kota Dalom. (RIZAL)