Home Lampung Barat Pendidikan

Dahlin Berhasil Kembangkan Prestasi SMA Negeri 1 Way Tenong

250
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lambar - Keberhasilan sosok seorang Dahlin selaku Kepala SMA Negeri 1 Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat, Dalam mengembangkan Prestasi belajar siswa untuk sekolah yang dipimpinnya tidak perlu diragukan. 13 faktor penerapan menjadi Kepala sekolah yang efektif dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.hal ini dikatakannya ketika dihubungi via whatshap beberapa pekan lalu.

Menurut Dahlin, menjadi kepala sekolah bukan pekerjaan yang mudah sebab kita harus memberikan contoh bagi Dewan guru dan siswa-siswi yang baik. Apalagi bila kita hendak mengembangkan prestasi belajar siswa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kepala sekolah untuk mewujudkannya.

“Saya menerapkan 13 cara untuk mengembangkan prestasi belajar siswa," katanya, kepada media ini, Sabtu (14/9/19).

Dia menjelaskan ke-13 cara untuk mewujudnya ialah Menciptakan misi yang terfokus pada upaya peningkatan prestasi belajar siswa, melalui praktik kurikulum dan pembelajaran yang memungkinkan terciptanya peningkatan prestasi belajar siswa. Ekspektasi yang tinggi bagi semua siswa dalam mempelajari bahan pelajaran pada level yang lebih tinggi.

"Menghargai dan mendorong implementasi praktik pembelajaran yang baik, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa dan memahami bagaimana memimpin organisasi sekolah," jelasnya.

Dia melanjutkan, seluruh guru dan staf dapat memahami dan peduli terhadap siswanya. Memanfaatkan data untuk memprakarsai upaya peningkatan prestasi belajar siswa dan praktik pendidikan di sekolah maupun di kelas secara terus menerus.

"Menjaga agar setiap orang dapat memfokuskan pada prestasi belajar siswa. Menjadikan para orang tua sebagai mitra dan membangun kolaborasi untuk kepentingan pendidikan siswa. Memahami proses perubahan dan memiliki kepemimpinan untuk dapat mengelola dan memfasilitasi perubahan tersebut secara efektif," ucapnya.

Selain itu kata Dahlin, upaya meningkatkan perubahan yang bermakna sehingga terbentuk kualitas pengembangan profesi secara berkelanjutan untuk kepentingan siswa. Memanfaatkan dan mengelola waktu untuk mencapai tujuan dan sasaran peningkatan sekolah melalui cara-cara yang inovatif.

"Memperoleh dan memanfaatkan berbagai sumber daya secara bijak.
Mencari dan memperoleh dukungan dari pemerintah, tokoh masyarakat dan orang tua untuk berbagai agenda peningkatan sekolah. Belajar secara terus menerus dan bekerja sama dengan rekan sejawat untuk mengembangkan riset baru dan berbagai praktik pendidikan yang telah terbukti. (Hadi Saputra)