Home Lampung Tengah Pendidikan

Dalam Pengawasan Tim Medis, SMKN 1 Seputihagung Sukses Laksanakan UNBK

321
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran (TP) 2019/2020, di SMKN 1 Seputihagung, Lampung Tengah (Lamteng), meski dalam pengawasan tim medis, namun tetap berjalan lancar dan sukses. 

Dikatakan Kepala SMKN 1 Seputihagung, Drs. Edi Christanto, M.Pd., saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/3/2020). Selama pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan selama empat hari, yaitu Senin - Kamis (16-19 Maret) berjalan sukses tanpa ada hambatan. 

"Alhamdulillah, hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK hari ini (Kamis 19/3), semua berjalan lancar dan tidak ada hambatan apapun. Namun tetap mengikuti instruksi dari pusat sesuai SOP," jelasnya. 

Ditambahkan Edi, ujian tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan, namun mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) atau Protokol dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), perihal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019/2020, tentang Penanganan Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Selama pelaksanaan ujian, panitia melibatkan dua orang petugas medis dari Puskesmas setempat, yang bersiaga di depan pintu masuk sekolah, dengan menggunakan alat pengukur suhu badan, seluruh siswa di tes satu persatu, dengan tinggi suhu badan maksimal 36°c. 

"Seluruh siswa di tes dengan alat pengukur suhu badan, dengan ukuran maksimal panas tubuh 36°c. Bila panas tubuh mencapai angka tersebut, maka tim medis memberikan obat penurun panas," jelas Edi Christanto. 

Pihak sekolah juga menyediakan air bersih, sabun dan tisyue yang disiapkan di samping pintu masuk ruangan. Seluruh siswa diharuskan mencuci tangan sampai bersih, dengan menggunakan sabun. Untuk sementara tidak diperkenankan kontak badan langsung, seperti bersalaman dan sejenisnya. 

Jumlah siswa kelas XII peserta ujian sebanyak 336 siswa, yang terbagi dalam enam ruang belajar. Pelaksanaannya dilaksanakan dalam tiga sesi, yaitu sesi pertama pada pukul 07.30 wib. - 09.30 wib. Sesi kedua pukul 10.00 wib. - 12.00 wib. Dan sesi ketiga pukul 14.00 wib. - 16.00 wib. 

Hari pertama ujian, siswa menghadapi soal pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua pelajaran Matematika, hari ketiga pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan pada hari ke empat Teori Kejuruan, yang masing-masing siswa berbeda, sesuai dengan Kopetensi Keahlian. 

Beberapa Kopetensi Keahlian pada sekolah ini, yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Pengelasan, Teknik Komputer Jaringan, Multi Media dan Pemasaran. 

Guru pengawas silang, yang bertugas mengawasi ujian di sekolah ini, yaitu guru yang berasal dari SMKN 2 Terbanggibesar. Dalam setiap ruangan terdapat juga Petugas Teknisi dan Proktor (petugas pemantau ruangan). 

Berkaitan libur sekolah selama 14 hari, sesuai surat edaran dari pemerintah, siswa kelas X dan XI telah diliburkan sejak 16 Maret lalu, karena siswa kelas XII sedang ujian dan baru mulai pada 20 Maret 2020. Seluruh siswa ini akan kembali masuk sekolah pada 04 April 2020 mendatang. (Gun)