Home Lampung Selatan Pariwara

Dana Desa Banjar Agung Bangun Jalan Paving Blok

528
0
SHARE

Handalnews.id, Jati Agung -Penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2019 di Desa Banjar Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, digunakan untuk pembangunan jalan paving blok.

PJ Kepala Desa Banjar Agung, Yudi Kasuma, ketika ditemui di balai desa setempat,(6/10) mengatakan jika pembangunan jalan paving blok dibagi di 4 titik dan tersebar di empat dusun. "Tahun 2019 ini untuk kegiatan fisik kita realisasikan untuk pembangunan jalan paving blok semua, Selain itu, Desa Banjar Agung juga baru selesai merehab balai desa setempat, yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD)," katanya

Iya menjeskan, semua pekerjaan pembangunan jalan paving blok, sesuai dengan musyawarah rencana pembangunan desa, yang melibatkan semua unsur masyarakat didalamnya.

Iya juga mengatakan jika pekerjaan pembangunan jalan paving blok dikerjakan oleh masyarakat setempat, secara bersama- sama.
"Saya menjabat sebagai PJ Kepala Desa Banjar Agung, blom lama tetapi sejauh ini menurut saya pembangunan paving blok sumber Dana Desa, khusunya di tahun 2019 sangat berjalan dengan baik," katanya.

Iya juga mengatakan jika pihak pemerintah desa sangat bersikap transparan dalam pengelolaan Dana Desa.


Selain digunakan untuk kegiatan fisik, Yudi Kasuma mengatakan jika Dana Desa Juga digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat.

Iya menjelaskan, untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat meliputi,
pada bidang peningkatan kapasitas aparatur desa, bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan keluarga.

Sementara untuk pembinaan masyarakat meliputi, penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan atau ketertiban oleh pemerintah desa (Satlinmas Desa), pelatihan/penyuluhan/sosilalisasi kepada masyarakat dibidang hukum dan perlindungan masyarakat, penyelenggaraan pestival kesenian, adat/ kebudayaan, dan keagamaan seperti perayaan hari kemerdekaan dan hari besar agama di tingkat desa, penyelenggaraan festipal / lomba kepemudaan dan olahraga di tingkat desa, pemeliharaan sarana dan prasarana kepemudaan dan olahraga milik desa serta pembinaan PKK.

Dilain sisi Kepala Dusun 3, Waluyo mengatakan jika bantuan Dana Desa sangat membantu masyarakat desa, sebab menurutnya dengan adanya Dana Desa kini masyarakat khusunya Desa Banjar Agung sudah bisa merasakan jalan yang baik, mulus dan rapih dan hal ini sangat membantu para petani.

Iya berharapa, masyarakat Banjar Agung dapat bersama- sama menjaga infrastruktur yang telah berhasil dibangun. (Rizal)