Home Lampung Tengah Pariwara

Dana Desa Hilang, Syaiful Arifin Harus Tanggung Jawab.

57
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Pubian -- Kepala Kampung Payung Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah, Syaiful Arifin, harus kembalikan uang negara yang raib di kediamannya pada tahun 2020 silam.

Diketahui pada tahun 2020, Kepala Kampung Payung Batu, Saiful Arifin telah melakukan pelaporan kepada Pihak Kepolisan Sektor (Polsek) Padang Ratu, terkait hilangnya Anggaran Dana Desa (DD) yang di simpan di rumah pribadinya.

Lalu, Demi menyikapi laporan tersebut pihak kepolisian Sektor Padang Ratu pada waktu itu telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), namun sayang hingga saat ini pelaku pencurian yang menggondol uang tersebut tidak kunjung terungkap.

Menyikapi hal tersebut, Salah satu aktifis pemerhati anggaran Dana Desa, berharap kepada pihak pemerintah kabupaten Lampung tengah khusunya pihak Insfektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah bisa mendesak kepala desa untuk mengembalikan atau mengganti uang yang sudah hilang tersebut ke Kas Negara. "Mau bagaiamapun negara sudah dirugikan dan dengan begitu kepala desa harus bertanggung jawab dengan mengembalikan kerugian negara tersebut," katanya.

Ia juga mengatakan jika pengembalian uang yang hilang kepada negara tersebut harus sama dengan jumlah yang sudah hilang. "Kalau hilangnya 50 juta yang kembalikan 50 juta," ungkapnya.

Iya meneruskan jika kepala desa tidak mau bertanggung jawab atas Masalah ini, maka Kades tersebut bisa terkena sangsi yang sangat besar, seperti di penjara atau pemecatan sebagai kakam . (Iskandar, H.S)