Home Lampung Selatan Pariwara

Dana Desa Karang Anyar Bangun Jalan Paving Blok, TPT & Rabat Beton

366
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2019 di Desa Karang Anyar,  Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, digunakan untuk pembangunan jalan paving blok, Talut Penahan Tanah dan Rabat Beton. 

Kepala Desa Karang Anyar, Sumanto, mengatakan jika pembangunan jalan paving blok  dibagi di 10  titik dan tersebar di sepuluh dusun.

"Tahun 2019 ini untuk kegiatan fisik kita realisasikan untuk pembangunan jalan paving blok Talut Penahan Tanah dan Rabat Beton," katanya, ketika ditemui di balai desa setempat (01/11).

Dijelaskannya, sepuluh titik yang dimaksud yaitu, Dusun I B, Dusun II A, Dusun III A, B, C, Dusun IV A, Dusun Karang Tani, Dusun Pal Putih I,  Dusun Tegal Lega dan Dusun Priangan.

"Selain itu, Dana Desa juga digunakan untuk pembangunan Talut  Penahan Tanah, lokasi Dusun I A dan dusun Karang Turi, pembangunan jalan rabat beton Dusun II B, dan Dusun Pal Putih II," jelasnya.

Semua pekerjaan pembangunan jalan paving blok, Talut Penahan Tanah dan Jalan Rabat Beton sesuai dengan musyawarah rencana pembangunan desa, yang melibatkan semua unsur masyarakat didalamnya.

"Semua pekerjaan dilaksanakan oleh masyarakat sekitar secara profesional, selain memberikan lapangan pekerjaan bagi yang menganggur juga dapat membantu perekonomian masyarakat" katanya.

Dia melanjutkan, jika pihak pemerintah desa sangat bersikap transparan dalam pengelolaan Dana Desa. Selain digunakan untuk kegiatan fisik, Dana Desa Juga digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat.

"Untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat meliputi, pada bidang peningkatan kapasitas aparatur desa, bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan keluarga," sebutnya.

Sementara untuk pembinaan masyarakat meliputi, penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan atau ketertiban oleh pemerintah desa (Satlinmas Desa), pelatihan/penyuluhan/sosilalisasi  kepada masyarakat dibidang hukum dan perlindungan masyarakat, penyelenggaraan pestival kesenian, adat/ kebudayaan, dan keagamaan.

"Seperti perayaan hari kemerdekaan dan hari besar agama di tingkat desa, penyelenggaraan festipal/lomba kepemudaan dan olahraga di tingkat desa, pemeliharaan sarana dan prasarana kepemudaan dan olahraga milik desa serta pembinaan PKK," ucapnya.

Dilain sisi salah satu aparatur desa setempat mengatakan jika bantuan Dana Desa sangat membantu masyarakat desa, sebab menurutnya dengan adanya Dana Desa kini masyarakat  yang di wilayah ujung atau dalam sudah bisa merasakan jalan yang baik, mulus dan rapih dan hal ini sangat membantu para petani.

"Saya berharap masyarakat Karang Anyar dapat bersama-sama menjaga infrastruktur yang telah berhasil dibangun.  (Rizal)