Home Lampung Selatan Pariwara

Dana Desa Marga Agung, Sejahterakan Masyarakat

250
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Realisasi Dana Desa (DD) tahun 2019, Desa Marga Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, dialokasiakan untuk pembangunan jalan Paving Blok, Gorong-gorong dan Talut Penahan Tanah.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Marga Agung, Sumarno ketika dihubungi via telpon Rabu, (23/10/19).

Sumarno menjabarkan, untuk kegiatan pembangunan jalan Paving Blok dialokasikan di Dusun 5 dengan panjang 298 x 2,7 meter, pembangunan jalan Paving Blok di Dusun 6 dengan panjang 200 x 2,7 meter, pembangunan Gorong-gorong lima titik di Dusun 125, dan pembangunan talut penahan tanah 2 titik panjang 234 di Dusun 1. 

"Kegiatan pembangunan tersebut menggunakan  bantuan Dana Desa tahap 2, sementara untuk Dana Desa tahab 3 akan dialokasikan untuk pembangunan jalan paving blok di Dusun 1 dan Dusun 2," jelasnya.

Dia juga mengatakan, selain kegiatan fisik Dana Desa juga dialokasikan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat.

"Untuk pemberdayaan masyarakat seperti, kegiatan bidang peningkatan kapasitas aparatur desa, bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan keluarga," katanya.

Dia melanjutkan untuk pembinaan masyarakat seperti, penyelenggaraan pestival kesenian, adat/kebudayaan, dan keagamaan, penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan atau (Satlinmas Desa), pelatihan/penyuluhan/sosilalisasi  kepada masyarakat dibidang hukum dan perlindungan masyarakat dan keagamaan.

"Seperti perayaan hari kemerdekaan dan hari besar agama di tingkat desa, penyelenggaraan festipal/lomba kepemudaan dan olahraga di tingkat desa, pemeliharaan sarana dan prasarana kepemudaan dan olahraga milik desa serta pembinaan PKK," katanya.

"Dengan realisai yang tepat sasaran saya yakin masyarakat akan semakin sejahtera," tambahnya.

Dilain sisi, Sekretaris Desa Marga Agung, Dahroji, mengatakan kegiatan pembangunan tersebut telah melalui musyawarah kepada seluruh lapisan masyarakat desa setempat. Pembangunan tersebut juga dikerjakan sesuai petunjuk pelaksaan dan petunjuk teknis.

"Kami seluruh jajaran pemerintah Desa Marga Agung sangat bersikap transparan terhadap siapa pun, salah satu contohnya dengan cara pemasangan plang kegiatan dan plang peruntukan Dana Desa secara terperinci," ujarnya ketika dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu (23/10/19).

Selain itu, Dahroji juga mengatakan jika Desa Marga Agung telah melaksanakan Musrenbang untuk tahun 2020. 

"Saya berharap, semua kegiatan pembangunan ditahun 2019 dan ditahun 2020 nantinya dapat terlaksana dengan baik, Amin," harapnya.  (Rizal)