Home Lampung Selatan Pariwara

DD Banjar Agung, Dimanfaatkan Pencegahan Covid-19 Dan Pembangunan

135
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020, Desa Banjar Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan dimanfaatkan untuk pencegahan penularan Virus Covid 19 dan pembanguan infrastruktur. 

Subhan A.Latief, selaku Pj. Kepala Desa setempat, ketika ditemui di kantornya, Selasa, (30-06-2020). Mengatakan,  Pemerintah Desa Banjar Agung telah menganggarkan bantuan DD sebesar 30% untuk pencegahan penularan Virus Corona.

"Sesuai dengan instruksi pemerintah pusat maupun kabupaten kami menganggarkan DD 30% untuk pencegahan virus Corona," katanya. 

Subhan menjelaskan, terdapat 169 KK yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD, dengan besaran bantuan Rp.600 ribu selama tiga bulan.

"Acara penyerahan bantuan secara simbolis tersebut dihadiri oleh Jhoni Irzal selaku Camat setempat, Babinsa, Babinkamtibnas, BPD, Ekobang, dan Staf BRI cabang Karang Anyar serta masyarakat," ujarnya.

Dia juga mengatakan, dalam pencegahan penularan Virus Corona berbagai upaya juga telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Banjar Agung dan relawan Covid 19, seperti melakukan penyemprotan Desinfektan di pintu gerbang masuk desa dan di seluruh permukiman masyarakat, melakukan pembagian masker dan melakukan himbauan secara terus menerus terhadap masyarakat. 

Selain itu, Anggaran DD juga dialokasikan untuk kegiatan pembanguan infrastruktur Seperti, Pembangunan Jalan Rabat Beton, Pembangunan Gorong - Gorong dan pembanguan Talut Penahan Tanah (TPT). 

Dijelaskanya, untuk pembangunan Jalan Rabat Beton dialokasikan di Dusun 1, RT 001, dengan panjang 328 M X 3 M X 0,12 M, Gorong - Gorong dua titik di Dusun 1, RT 004 ukuran 5 M x 1 M x 1 M dan di Dusun 2, RT 007, ukuran 5 M x 0,7 M x 0,7 M, pembanguan Talut Penahan Tanah (TPT) dua titik di Dusun 1, RT 004, panjang 50 M x 0,3 M x 1 M dan di Dusun 2, RT 007, panjang 70 M x 0,3 M x 0,7 M. 

"Untuk pelaksanaan kegiatan  dikerjakan langsung oleh masyarakat sekitar, menurutnya selain membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga diyakini hasil dari pekerjaan juga bisa lebih baik," jelasnya.

Jika kegiatan pembanguan tersebut lanjutnya, sudah dilaksanakan sesuai prosedur dan mengacu pada Rancangan Anggaran Biaya (RAB).

"Kita tidak mau main - main apa pun yang diinstruksikan oleh pemerintah kabupaten dan himbauan yang diberikan pak camat tentang pengelolaan DD yang Akuntabel dan  tepat sasaran selalu kami ikuti," ungkapnya. 

Selain itu, iya juga mengatakan jika Pemerintah Desa Banjar Agung sangat bersikap transparan dalam penggunaan Dana Desa. 

"Saya berharap, masyarakat dapat terus menjaga pola hidup yang bersih agar terhindar dari wabah virus Corona, dan untuk infrastruktur yang sudah dibangun dapat dirawat dan dijaga bersama-sama," harapnya.  (Rizal)