Home Pesawaran Hukum

Diduga Asal-asalan, Pengerjaan Jalan Hotmix Provinsi Di Punduh Pedada

515
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Pembangunan jalan strategis Bawang-Pagar jaya Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung yang di anggarkan dari APBD 2019 senilai Rp 7,6 Millyar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Provinsi Lampung, diduga dalam pengerjaannya asal-asal dan tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).


Pasal nya dalam pengerjaan proyek tersebut, selain tidak adanya papan informasi mengenai pekerjaan, diduga volume proyek, ketebalan serta mutu dan kualitas hasil pekerjaan  tidak sesuai dengan anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah, dari nilai Rp 7,6 milyar hanya dikerjakan sepanjang 2,6 KM.



"Proyek ini dalam pengerjaan diduga tidak sesuai dengan spesifikasi, kok anggaran nya besar, panjangnya tidak sampai dengan 3 KM, hanya 2,6 KM saja," tanya warga, kepada Handalnews.id, Kamis (26/12).

Selain itu, proyek tersebut terkesan proyek Siluman tanpa Plang Proyek  padahal dalam aturannya jelas semua anggaran dari pemerintah harus memasang Plang Proyek, karena bila tidak dipasang jelas itu masuk kategori pelanggaran Pidana.

"Itu juga baru hitungan jam dari PHO, sudah retak-retak, dan untuk ketebalan nya diduga tidak sesuai dengan spesifikasi juklak dan juknis," sebutnya.

Sementara itu Ari, selaku Pelaksana Teknis, menjelaskan, Pengerjaan proyek tersebut dikerjakan oleh masyarakat setempat, dirinya hanya sebatas pelaksana teknis saja, untuk nilai pagunya, memang anggaran awal Rp 7,6 Milyar namun setelah efisiensi anggaran dikurangi Rp 4,6 milyar.

"Saya hanya sebatas pelaksana tehnis saja, kalau untuk pengerjaan nya itu dikerjakan oleh masyarakat setempat, jadi kalau ada yang komplain dengan pengerjaan itu, silakan tanya dengan masyarakat disana," katanya ketika dikonfirmasi melalui telpon seluler, Kamis (26/12).  (Ismail)