Home Tulang Bawang Kesehatan

Dinas Kesehatan Tuba Bergerak Melayani Warga

103
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

Handalnews.id, Tulang Bawang -- Program Bergerak MelayaNi Warga (BMW) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan program BMW ini mendapatkan apresiasi yang besar di tingkat Nasional.
 
Melalui berbagai proses dan pemikiran yang matang, Pada tahun 2021 ini Dinas Kesehatan Memberikan 4 Program inovasi unggulan BMW. 
 
Masing2 rancangan inovasi bidang kesehatan yang kini sudah diekspose oleh masing masing Bidang, serta telah dibahas dan dilakukan penapisan, disesuaikan dengan 21 kriteria indikator inovasi, maka ada 4 rancangan inovasi yang akan implementasikan pada tahun 2021, yaitu : 
 
 
1. BMW injak beling (Inspeksi jamban keluarga bela lingkungan)
 
Kegiatan terintegrasi yang melibatkan kader kesling puskesmas / kader STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), kader kesehatan dan masyarakat peduli lingkungan dalam mensukseskan program Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)/Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Tulang Bawang.
 
2. BMW sayang ibu dan balita
 
Kegiatan terintegrasi meliputi penurunan AKI dan AKB, pencegahan bumil kek sejak dini, sebagai antisipasi kejadian stunting sejak 1000 HPK/ hari pertama Kehidupan
 
 
3. Posbindu BMW SAKTI (Sakit di obati)
 
Kegiatan peduli kesehatan jiwa dan usia produktif, melibatkan kader kesehatan dan masyarakat, agar kesehatan terjaga, pengawasan pasca vaksinasi pada usia produktif yang memiliki riwayat penyakit bawaan/ komorbit dan pengawasan mandiri dari keluarga dan masyarakat terhadap penderita kesehatan jiwa bebas pasung
 
 
4. Aplikasi BMW Aduhai (Aplikasi Administrasi Umum, Hukum, dan Aduan Masyarakat Terintegrasi) 
 
Sistem Informasi yang mengelola tertib administrasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang dalam memangkas birokrasi, meliputi kegiatan arsip, tata naskah dan aduan masyarakat secara elektronik. (Hadi/Eko)