Home Lampung Barat Pemerintahan Daerah

Dinas PU Lambar Fokus Bangun Insfrastruktur

528
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lambar -  Pembangunan Insfrastruktur masih menjadi fokus utama pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung Barat, tujuan utamanya meningkatkan daya saing, pertumbuhan ekonomi dan juga mewujudkan rasa keadilan masyarakat serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut Ir.Sudarto selaku Kepala Dinas setempat, mengatakan, peningkatan pembangunan Insfrastruktur di kabupaten Lampung Barat, masih menjadi fokus utama.

“Pembangunan yang kami laksanakan harus memiliki dampak yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya menaikan kelas UMKM, pengembangan Pariwisata,penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan ekspor," katanya ketika dikonfirmasi melalui whatshap.

Dia juga menjelaskan, Dalam pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu aspek penting. Tidak bisa dipungkiri bahwa laju pertumbuhan ekonomi di Lampung Barat tidak lepas dari pengaruh infrastruktur yang selama ini sudah dilaksanakan.

“Pertumbuhan ekonomi pada akhirnya juga akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya," ucapnya.

Masih kata Darto, kita ketahui bersama  manfaat adanya  infrastruktur, meliputi, fasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat, mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat, mendorong distribusi aliran produksi barang dan jasa, mengembangkan wilayah dan output ekonomi, mendukung kegiatan ekonomi, sosial-budaya, kesatuan dan persatuan.

Lanjutnya, sebagai katalisator di antara proses produksi, pasar dan konsumen akhir, sebagai modal sosial masyarakat, memfasilitasi cakrawala masyarakat agar lebih terbuka, mempertemukan budaya antar masyarakat, mengikat dan menghubungkan antar daerah, melalui dukungan Ketahanan Pangan, dapat memberikan rasa aman akan tercukupinya kebutuhan dasar.

Darto berkata, Dari berbagai manfaat infrastruktur tersebut, dapat diketahui bahwa selain perannya dalam sektor ekonomi, infrastruktur pekerjaan umum memiliki peran vital dalam mendukung sektor lain yang juga penting dalam kesejahteraan masyarakat.

“Dampak pembangunan infrastruktur terhadap aktivitas ekonomi daerah memang jelas adanya. Fakta empiris menunjukkan bahwa perkembangan kapasitas infrastruktur suatu wilayah berjalan seiring dengan adanya perkembangan output ekonomi. Ini berarti secara langsung, infrastruktur dapat berdampak pada peningkatan kegiatan ekonomi secara positif," paparnya.   (Hadi Saputra)