Home Lampung Tengah Ekonomi

Dinsos Lamteng Pastikan KPM Penerima Bansos Sembako Sesuai Standar

159
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Dinas Sosial (Dinsos) Lampung Tengah (Lamteng), memastikan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima Bantuan Sembako, telah menerima bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sesuai standar pangan kwalitas terbaik.

Dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin, pada Dinsos Lamteng, Johanes Chanzen, SE. mewakili Kepala Dinsos mengatakan, bahwa terkait atas laporan masyarakat kepada DPRD Lamteng, Dinsos langsung bertindak cepat dan rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinsos Lamteng, Zulfikar Irwan, S.Sos., MM. guna membahas persoalan tersebut.

"Hari ini kami sudah memanggil Pendamping Bansos Sembako Kecamatan Kalirejo, Ketua E-warong dan pihak Suplayer selaku penyedia bahan Sembako, untuk dimintai keterangan terkait perihal masalah dugaan tempe yang diduga busuk," ujarnya.

Selanjutnya Tim Koordinasi (Tikor) Dinsos turun langsung ke lokasi, untuk meminta keterangan dari para KPM, sekaligus kembali melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, untuk memberikan pemahaman terkait Bansos Sembako dan hak hak KPM.

Lebih lanjut Johanes menjelaskan, bahwa tugas pokok dan fungsi Tikor Kabupaten, adalah memastikan bahwa KPM penerima Bansos Sembako, yang menerima haknya berupa bantuan dari Kementrian Sosial berupa uang sebesar Rp150 ribu, untuk dibelikan sembako dengan selalu memenuhi prinsip 6T yakni tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat administrasi, dan tepat kwalitas, Selain itu memastikan bahwa laporan pendamping tepat waktu, dan permasalahan saldo nol selalu berkoordinasi dengan pihak Bank Himbara (BRI)

Reaksi cepat yang dilakukan oleh Dinsos, menanggapi kabar tentang adanya tempe yang diduga busuk, yang diterima oleh KPM Kampung Sinar Rejo, Kecamatan Kalirejo, untuk segera dilakukan pergantian, atau penukaran dengan barang yang baik.

Melalui petugas pendamping Sembako Kecamatan Kalirejo didampingi tim Koordinasi Daerah (Korda) program Sembako, sebagai perpanjangan tangan Dinsos Lamteng Bidang Fakir Miskin, segera menindaklanjuti masalah tersebut, yaitu dengan mengganti tempe yang diduga busuk dengan tempe baru sebanyak 381 bungkus, pada Kamis (27/2) lalu.

Penggantian atau penyerahan tempe baru tersebut, secara langsung diterima oleh Ketua E-Warung Kampung Sinar Rejo, Buhori, disaksikan oleh Kepala Kampung Sinar Rejo, Jumroni. Tempe tersebut juga langsung disalurkan kepada masyarakat, yaitu para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dikatakan petugas Pendamping Sembako Kecamatan Kalirejo, Iwanudin, bahwa permasalahan tersebut muncul karena faktor miskomunikasi dan miskoordinasi semata. Sebab, pihaknya telah mengimbau kepada KPM, agar sebelum menerima sembako dapat mengecek atau memeriksa kwalitas dan kwantitasnya.

Jika ditemukan ada kerusakan atau kwalitasnya tidak baik, disarankan agar tidak diterima dan segera meminta pergantian. Hal inilah yang tidak difahami oleh para KPM, sehingga kekeliruan tersebut seolah ada unsur kesengajaan dari pihak distributor atau Dinsos.

”Sebenarnya kami telah menyampaikan, untuk mengkomplain atau tidak menerima bantuan sembako tersebut, jika secara kwalitas tidak baik ataupun dalam kondisi rusak. Bahkan imbauan tersebut juga tertera pada Banner yang sudah kami bagikan disemua kampung di Kecamatan Kalirejo,” jelasnya.

Iwanudin juga mencontohkan, bahwa komplain tersebut telah dilakukan oleh KPM Kampung Srimulyo, yang menolak bantuan sembako berupa tempe dengan kwalitasnya kurang baik, dimana untuk kampung tersebut
bantuan tempe jumlahnya lebih banyak yaitu 1.068 bungkus.

Atas komplain dari warga KPM Srimulyo, langsung ditindaklanjuti oleh pihak suplayer, yaitu dengan mengganti tempe yang baruberkwalitas baik.

Ketua E-Warung Kampung Sinar Rejo, Buhori mengakui, bahwa pihaknya memang teledor saat menerima bantuan tempe, dan kurang teliti dalam mengecek barang yang akan diterimanya, serta tidak melakukan komplain
kepada pihak suplayer yang mendistribusikan bantuan sembako tersebut.

Sementara, Kakam Sinar Rejo, Jumroni, atas nama warga masyarakatnya, khususnya para KPM, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah melalui Dinsos Lamteng, yang telah menindaklanjuti dan merespon dengan cepat, persoalan yang ada di kampungnya.

Dalam kesempatan itu, Jumroni juga menyampaikan harapannya, agar kedepan bantuan sosial berupa sembako dapat diberikan kepada KPM berupa barang yang tidak mudah busuk, sehingga dapat dilakukan ganti dengan bahan makanan lain, seperti kacang hijau ataupun barang sejenisnya. (GUN)