Home Lampung Tengah Pemerintahan Daerah

Dipimpin Mansur Setiawan, S.Pd., Kampung Sidorejo Maju dengan Sangat Siknifikan

112
0
SHARE
Foto dok: handalnews.id

HandalNews.id, LAMPUNG TENGAH - memiliki wilayah yang cukup luas dengan jumlah penduduk sebanyak 2.090 jiwa, serta 576 KK yang terbagi dalam 3 Dusun dan 13 RT, Kampung Sidorejo, Kecamatan Selagai, Kabupaten Lampung Tengah, merupakan salah satu kampung yang cukup maju di bidang infrastruktur, apa lagi semenjak di pimpin oleh Mansur Setiawan, S.Pd., kemajuan Kampung Sidorejo meningkat dengan sangat signifikan. 

 
Mansur Setiawan, S.Pd., ketika ditemui awak media ini di kantornya pekal lalu menjelaskan, Kampung Sidorejo berbatasan dengan 4 Kampung yaitu, sebelah timur - Taman Sari, Selatan - Segala Mider, Barat - Mekar Harjo Way Seputih, Utara - Gedung Harta. 
 
"Kampung kami terletek di tengah - tengah antara kampung lain, dan kampung kami ini juga sebagai kampung yang menyabungkan dengan kampung - kampung lain," katanya. 
 
Selain itu, ia juga mengatakan, meskipun jabatanya baru berjalan 2 tahun, serta diberi ujian berupa Corona yang melanda Negeri ini, dirinya tidak pernah kendor untuk berupaya agar Kampung Sidorejo terus berinovasi dalam segi pembangunan infrastruktur. 
 
" Saya dilantik tahun 2019, namun saya benar - benar mulai bergerak dan bekerja sejak awal tahun 2020 hingga saat ini, meskipun saat saya menjabat saya di beri cobaan yaitu Virus Covid 19, tetapi saya bisa tetap fokus untuk membangun kampung ini menjadi lebih baik lagi," ungkapnya. 
 
Ia mengungkapkan, pembangunan yang pertama kali berhasil direalisasikannya dengan sangat bait semenjak dirinya menjabat sebagai kepala kampung ialah Pembanguan Drainase sepanjang 1.360 Meter Di Dusun 1 dan Pembuatan 1 Unit Sumur Bor yang terletak di Dusun 3. 
 
"Saya sengaja membangun Drainase di Dusun 1, selain memang di Dusun 1 masih banyak perbaikan yang belom terkafer sementara di dusun lain sudah lebih maju dan juga sesuai dengan hasil musyawarah rencana pembangunan kampung, maka di realisasikan di Dusun 1, agar pembanguan di Kampung Sidorejo bisa merata," ungkapnya. 
 
Ia meneruskan, untuk di dusun - dusun lain sudah hampir 80 persen kondisi drainasenya sudah baik, sebab sejak tahun 2018 pembanguan Drainase hampir semuanya dilakukan di Dusun 1 dan 2. 
 
"Disaat musim hujan volume air yang mengalir di aliran drainase Dusun 1 itu memang sangat deras mankanya ini juga yang menjadi alasan kami mengapa kami bangun drainase di gang - gang yang ada di Dusun 1," paparnya.
 
Iya juga mengatakan jika selain membangun Drainase dan Sumur Bor, pada tahun 2020 - 2021 sudah di rencanakan untuk membangun infrastruktur lain, Melalui sumber anggaran Dana Desa (DD) namun dikarenakan adanya wabah Virus Covid 19 maka anggaran - anggaran tersebut banyak yang di alihkan untuk penanganan Virus Covid 19. 
 
Ia menjelaskan, pada penanganan Virus Covid 19, Pemerintah Kampung Sidorejo melakukan penyemprotan Desinfektan di seluruh wilayah kampung, melakukan pembagian masker, membangun Posko - Posko di pintu masuk kampung , dan memberitkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD). 
 
Ia menjelaskan, Pembanguan Posko - Posko pintu masuk kampung tersebut dilakukan agar setiap masyarakat yang hendak lewat atau masuk kampung harus di periksa suhu tubuhnya serta disemprot cairan desinfektan. 
 
"Kita harus benar - benar mengantisipasi agar Virus Corona tidak masuk di kampung kita, dan alhamdulilah berkat upaya tim gugus tugas Covid 19 tingkat kabupaten, kecamatan dan kampung wilayah kami 100 persen tidak ada yang terpapar Covid 19, alhamdulilah," katanya. 
 
 
Selain itu, ia juga mengukapkan jika, pengalihan anggaran terbesar yang masuk ke penanganan Virus Covid 19 adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD. 
 
Ia menjelaskan jika penyaluran BLT yang dilakukan kepada penerima sudah melalui evaluasi yang cukup panjang, artinya penerima BLT tersebut memang masyarakat yang sangat membutuhkan dan belom mendapatkan bantuan apa pun seperti Bantuan PKH, BPNT atau BLT Bansos. 
 
Dilain sisi, dari hasil pengamatan awak media ini di kampung tersebut nampak terlihat jika wilayah Kampung Sidorejo sangat rapih dan elok dipandang. Penataan pembangunan infrasturktur juga terlihat rapih, dapat dikatakan jika kampung tersebut terlihat lebih unggul di bidang kebersihan, kerapihan dan kerajinan penataan lingkunganya. ( Iskandar, H.N)