Home

Disdukcapil Tubaba Siapakan 76.000 Blangko Untuk Pembuatan KIA

79
0
SHARE
Foto: Dok Handalnews.id

Tulang Bawang Barat, Handalnews.id - Dinas Kependudukan dan Pencantaan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang bawang barat (Tubaba) menyedihkan sebayak 76.000 blangko untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) usia 0-16 tahun.

Johanudin Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Tubaba mengatakan, Tahun 2021 Disdukcapil Tubaba menerima blangko untuk pembuatan KIA sebanyak 76.000 balngko KIA tersebut diberikan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Republik Indonesi.

"Kartu Identitas Anak ( KIA ) adalah Kartu yang diterbitkan Pemerintah untuk melakukan pendataan, memberikan perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak-anak yang ada di Indonesia. KIA ini sendiri dibagi dua jenis. Antara lain KIA umur anak antara 0-5 tahun dan 5-16 tahun kurang satu hari,"Kata Johanudin, Rabu (7/4/2021).


Lanjut Johan, Kartu Identitas Anak (KIA) adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang dewasa pada umumnya.

Sama juga seperti KTP, Kartu Identitas Anak (KIA) ini diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten/Kota.

KIA yang diterbitkan di masa perkembangan anak dibagi menjadi dua yaitu untuk anak usia 0-5 tahun dan anak usia 5-17 tahun.

"jadi Masa berlaku kartu untuk kedua kelompok usia ini berbeda. Masa berlaku KIA bagi anak usia kurang dari 5 tahun akan habis ketika usia mereka menginjak 5 tahun. Sementara bagi anak usia di atas 5 tahun, masa berlaku KIA juga akan habis sampai anak berusia 17 tahun kurang satu hari.

Menurut Johan, kegunaan KIA ini yang mana untuk kegunaan seperti Identitas Anak, untuk melakukan pendaftaran saat dia akan mendaftar sekolah, Syarat untuk pembuatan KIA yakin, KK orang tua, akte kelahiran anak, foto copy KTP kedua orang Tua foto anak ukuran 3x4 untuk yang memakai foto ini dimulai dari umur 5-16 tahun bagi anak usia 0-5 tahun tampa foto. (Jaz)