Home Metro Pemerintahan Daerah

DPRD Metro Minta Dinas Terkait Tingkatkan Pembinaan Bagi UMKM

47
0
SHARE
Foto dok: handalnews.id

HandalNews.id, METRO - Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi perekonomian masyarakat di Kota Metro. Kondisi ini menuai perhatian serius kalangan DPRD. Dewan meminta dinas terkait untuk meningkatkan pembinaan bagi usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). 
 
"Masa Pandemi seperti sekarang ini perlu ada trobosan-trobosan untuk dapat membangkitkan perekonomian di Kota Metro. Dengan kebiasaan baru ini kita juga harus bisa menyesuaikan. Salah satunya memanfaatkan teknologi dalam hal pemasaran," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Metro Basuki Kamis (26/08/2021).
 
Ia mengatakan, sesuai dengan Pidato Presiden RI pada waktu pidato kenegaraan falanrangka HUT RI ke 76 secara virtual bahwa penguatan sektor ekonomi dapat dilakukan dengan memanfaatkan digitalisasi. Menurutnya, digitalisasi tersebut dapat dimanfaatkan dalam hal pemasaran melalui online.
 
"Karena di masa pandemi saat ini kebiasaan baru secara online bisa digunakan untuk memasarkan hasil produksi UMKM. Pedagang juga bisa memberikan layanan antar untuk produk yang dihasilkan. Dengan begitu perekonomian juga akan terus tumbuh meski dalam masa Pandemi Covid-19," ujarnya.
 
Meski demikian, kata Basuki, perlu adanya pembinaan oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) terhadap UMKM. DPRD juga mengaku siap mendukung dalam hal penganggaran APBD Kota Metro.
 
"Dinas terkait bisa mengusulkan anggaran yang dibutuhkan. Tidak hanya bergantung dari pusat saja, kita bisa kok memakai APBD sendiri untuk masyarakat. Sehingga sektor ekonomi di Kota Metro dapat terus tumbuh," tandasnya. 

(Miswati)