Home Lampung Selatan Kesehatan

Dr. Putra Harapan : Vaksin Covid 19 Produksi Sinovac sudah sampai di Puskesmas Banjar Agung.

131
0
SHARE
Dok. Handal

Handalnews.id (Jati Agung ) Vaksi Covid 19 Produksi Sinovac, untuk wilayah Kabupaten Lampung Selatan, telah sampai ke seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah kabupaten setempat.

Hal tersebut dikatakan oleh, Dr.Putra Harapan, selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Puskesmas Banjar Agung, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan.

Dr. Putra Harapan menjelaskan, Vaksi Covid 19 Produksi Sinovac, yang sudah ada di Puskesmas akan di suntikan kepada masyarakat setempat namun harus melalui beberapa prosedur yang berlaku.

Ia meneruskan, Pelaksanaan Penyuntikan Paksin Covid 19 Produksi Sinovac akan diawali oleh tenaga kesehatan sebagai garda terdepan, setelah itu akan dilakukan kepada seluruh jajaran Forkopincam Jati Agung.

"Baru saja kita melakukan penyuntikan Vaksin Covid 19 Sinovac kepada lima Pegawai puskesmas, setelah itu akan dilakukan pemeriksaan Screening kepada seluruh jajaran Forkopincam termasuk perangkat Desa," jelasnya Via Whatsaap, Rabu (20 Januari 2021).


Ia melanjutkan, terakhir Pihak Puskesmas akan melakukan penyuntikan Vaksin Covid 19 kepada masyarakat setempat, namun sebelum dilakukan penyuntikan masyarakat mesti mengikuti Sreening terlebih dahulu.

Sebelum divaksin, masyarakat terlebih dahulu melakukan verikasi identitas. Lalu, menuju meja screening untuk pemeriksaan kondisi kesehatan dan mengindentifikasi penyakit penyerta.
Setelah dinyatakan sehat, maka akan diberikan suntikan vaksin Covid-19 Sinovac secara aman.

Ia menerangkan, Vaksin Covid 19 Produksi Sinovac tidak diperbolehkan diberikan kepada, masyarakat yang memiliki riwayat konfirmasi Covid 19, wanita hamil dan menyusui, tekanan darah di atas 140/90, masyarakat berusia di bawah 18 tahun, mengalami gejala ISPA, sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, mengalami penyakit jantung (gagal jantung, penyakit jantung koroner), menderita penyakit autoimun, sistemik, menderita penyakit ginjal, menderita penyakit reumatik, menderita penyakit pencernaan kronis, menderita penyakit hiperteroid, menderita penyakit kanker, menderita penyakit diabetes militus, menderita HIV, menderita penyakit baru seperti asma, PPOK, TBC.

"Bagi masyarakat yang ditemukan ada penyakit - penyakit tersebut maka tidak akan dilakukan penyuntikan Vaksin Covid 19 Sinovac," ujarnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat dapat mengikuti pengecekan Sreening dan penyuntikan Vaksin Covid 19. 
(Rizal)