Home Tulang Bawang Pendidikan

ESKUL di Tiadakan, Ini  Tanggapan Wakil  Kepala SMAN I Tulang Bawang Tengah

204
0
SHARE

Handalnews.id, Panaragan - SMA Negeri I Tulang bawang tengah Kab.Tulang bawang Barat tidak mengadakan kegiatan ektra kurikuler sebagaimana biasa nya seperti tahun yang lalu.

Ditiadakan nya kegiatan tersebut dikarenakan tidak ada nya dana.pada awal tahun ajaran baru memang sekolah pernah mengadakan permintaan dana kepada wali murid sesuai kebutuhan sekolah beserta untuk seragam sekolah yang besarannya disesuaikan dengan kemampuan orang tua siswa.namun hal tersebut sempat ramai di media sosial walaupun sesungguhnya permintaan sumbangan itu di boleh kan.hal ini sesuai dengan surat dari kementerian pendidikan no.82954/A-44/Hk/2017.

Yang mana pada pasal 51 ayat (5) huruf c peraturan pemerintah nomor 48 tahun 2008 tentang pendanaan pendidikan menyebutkan bahwa sumber pendanaan pendidikan pada satuan pendidikan yang di selenggarakan oleh pemerintah daerah berasal dari pungutan dari peserta didik atau orang tua / walinya.

Ketika dimintai keterangan nya tentang kegalauan para siswa sekolah tersebut yang mereka sampaikan dalam bentuk angket melalui ketua OSIS mereka Agus marsyad Panji untuk disampaikan kepada pihak sekolah ketika di temui di ruang kerja nya Pahmi selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum mendampingi Sirdin Efendi kepala sekolah SMA Negeri I Tulang bawang tengah mengatakan untuk menyikapi hal ini tentu kita berharap orang tua lah yg punya kemauan untuk itu tiada lain harapan nya kepada orang tuan siswa untuk mendukung kemauan para siswa tersebut tentu dengan dukungan dana, kita gak mau melakukan pungutan atau dengan istilah sumbangan kecuali kemauan itu muncul dari siswa atau pun orang tua mereka.

Selanjutnya Pahmi mengatakan kemauan orang tua tersebut bisa di sampaikan lewat komite sekolah nanti komite akan membahas nya dengan kami,ujar Pahmi.

Aristusyah selaku ketua komite mengatakan selaku orang yang di percaya untuk memfasilitasi ide dari orang tua murid tentu kami akan mensikapi hal itu dan akan mengadakan musyawarah karena berbicara ektra kurikuler itu erat kaitan nya dengan biaya dan dana maka akan kita sampaikan hal ini kepada para orang tua bagaimana nanti nya kita bicara di forum musyawarah yang jelas semua orang tua pasti menginginkan anak nya berprestasi,ujar Aristusyah.

Salah satu orang tua murid yang bernama Rodiyanto orang tua dari Annisa Melani putri (Eca) kelas X IPA 2 ketika dimintai Tanggapannya melalui sambungan telp mengatakan "mengenai eskul ini saya pribadi sudah menyampaikan kepada komite bahwa saya sangat butuh itu karena saya berpengalaman anak saya masuk SMA itu dari jalur prestasi yaitu eskul dengan harapan nanti ke perguruan tinggi nya bisa lewat eskul lagi jadi akan kesulitan kita jika ESKUL itu di tiadakan.

Saya minta ke pada komite untuk mengadakan itu dan kami akan siap menanggung biaya itu.
Pihak sekolah tidak berani karena takut dikatakan fungli jadi saya berharap pihak sekolah mengadakan kegiatan tersebut kami tidak keberatan untuk biaya tersebut ujar Rodi. (Zai)