Home Lampung Barat Peristiwa

Gempa 4,4 SR Guncang Lampung Barat

206
0
SHARE
Foto dok. Handalnews.id

Lampung Barat, Handal news.id - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,4 mengguncang Lampung Barat (Lambar), pukul 12.53.14 WIB, Selasa, 13 April 2021. 

 
 
Titik gempa berada pada koordinat 4.93 LS dan 104.00 BT, yaitu 11 kilometer daratan barat laut Lambar dengan kedalaman Km.
 
Kepala BBMKG Wilayah II, Hendro Nugroho, mengatakan melihat jenis dan mekanisme gempa memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar Sumatera pada segmen Kumering Selatan.
 
 
"Hingga pukul 13.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa susulan pada pukul 13.09 WIB," kata Hendro dalam siaran resminya.
 
Berdasarkan peta tingkat guncangan BMKG dan laporan masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Liwa dengan skala intensitas III MMI, yaitu dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan ada truk berlalu. 
 
Kemudian di Sekincau dengan skala intensitas II MMI, yaitu getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampaknya.
 
"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya. (*)