Home Bandar Lampung Pariwara

Hari Kedua Latgulbencal Korem 043 Gatam Terdiri Enam Jenis

49
0
SHARE

Handalnews.id, Lampung - Pada hari kedua kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal), dari satuan TNI Korem 043 Garuda Hitam (Gatam) /Lampung, Rabu (20/11/2019), terdiri dari enam jenis pelatihan.

Kegiatan Latihan yang dimulai sekitar pukul 07.00 wib., Terdiri dari enam jenis pelatihan, yaitu yang pertama latihan pertolongan pertama pada koban bencana alam. Kedua, latihan pioner atau tali menali praktik membuat jembatan darurat dari bambu.

Ketiga, latihan membuat posko pengusian, dengan aplikasi pembuatan tenda darurat untuk para korban bencana. Keempat, montrnering adalah menolong korban dibawah tebing, dengan tingkat kecuraman tebing mencapai 90 derajat.

Pelatihan yang kelima, yaitu latihan menolong korban yang tenggelam, saat terjadi bencana banjir. Jenis pelatihan yang keenam, yaitu latihan cara mengendalikan perahu, saat akan mengevakuasi korban bencana banjir.

Dalam latihan itu, seluruh personil TNI dikerahkan dan berpraktik langsung di alam bebas, dengan mengaplikasikan peralatan sesuai dengan kondisi alam. Sehingga kemampuan seluruh peserta dapat terbentuk dan terasah, yang mampu mengatasi dan membantu korban dalam bencana.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan dengan penuh semangat, yang dilaksanakan sejak pagi, baru berakhir sekitar pukul 16.00 wib., seluruh peserta tetap berada di lokasi pelatihan, hingga kegiatan selesai. (Gun)