Home Pringsewu Pertanian

HLH Sedunia, Wabup Pringsewu Tanam Pohon & Tabur Benih Ikan

49
0
SHARE
Foto: dok handalnews.id

HandalNews.id, PRINGSEWU - Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2021, Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengadakan kegiatan penanaman pohon dan penaburan benih ikan di Embung Kalioyot, Pekon Pandansari, Kecamatan Sukoharjo, Jumat (4/6/21). Ada sekitar 5000 benih ikan jenis nila yang ditabur, serta 200 batang pohon pisang dan aneka jenis tanaman lainnya yang ditanam di sekitar embung.


Penanaman pohon dan penaburan benih ikan ini dilakukan Wabup Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA, didampingi Kadis Perikanan Debi Hardian, S.Pi., Kadis Pertanian Siti Litawati, SP, Kadis Ketahanan Pangan Ir.Iskandar Muda, Kadis Lingkungan Hidup Hendrid, SE, MM, Sekdis Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Sugiyanto, SKM, Sekdis PoraPar Supriyanto, S.Pd. serta Camat, KUPT Puskesmas dan Kapekon setempat.


Wabup Pringsewu mengatakan kegiatan dengan melibatkan sejumlah OPD ini merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa syukur atas karunia adanya embung tersebut, sekaligus dalam rangka membantu masyarakat. Wabup berharap keberadaan embung ini menjadi daya rangsang pertumbuhan ekonomi di Pekon Pandansari, mengingat potensinya yang luar biasa.


Kadis Perikanan Debi Hardian, S.Pi. mengatakan kegiatan penanaman pohon dan penaburan benih ikan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus, dimana pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat sekaligus bersinergi, karena pemerintah sifatnya membantu dan memfasilitasi. Ia juga mengharapkan masyarakat turut mendukung dan kedepannya embung ini dapat memberikan banyak manfaat.


Senada juga disampaikan Kadis Pertanian Siti Litawati, SP yang mengatakan potensi yang dimiliki Pekon Pandansari ini cukup besar, baik di bidang pertanian, perikanan, dan sebagainya, sehingga pemanfaatan Embung Kalioyot tersebut diharapkan dapat lebih optimal.


Sementara, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Hendrid, SE, MM meminta masyarakat dapat memelihara pohon yang ditanam termasuk ikan yang ditabur dan dipelihara di embung tersebut.


Begitu pula dengan Kapekon Pandansari, dimana pihaknya sangat membutuhkan support dan arahan dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Terkait Embung Kalioyot yang ada di Pekon Pandansari, diungkapkan bahwa embung tersebut dibangun pemerintah pada tahun 1983 dengan luas areal 1,5 hektar. Seusai menanam pohon dan menabur benih ikan di Embung Kalioyot, selanjutnya Wabup Pringsewu beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu meninjau Alun-alun Pekon Pandansari. (Sulaiman)