Home Lampung Selatan Pendidikan

Inovasi Jitu, SMPN 4 Natar Kembangkan Sekolah Berbasis IT

329
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Inovasi sekolah berbasis Information Technology (IT), yang dilakukan oleh SMPN 4 Natar Kabupaten Lampung Selatan, berhasil memberikan corak dan warna berbeda bagi dunia Pendidikan yang ada di Negeri bersemboyan khagom Mupakat.

Inovasi jitu, yang dicetuskan pertama kali oleh Drs, Priyo Hartono,MM. Selaku Kepala SMPN 4 Natar, kini sukses membawa sekolah yang dipimpinnya menjadi Role Model dan barometer yang postif. khususnya bagi dunia pendidikan di Kecamatan Natar dan Umumnya bagi Kabupaten Lampung Selatan.

Ketika diwawancarai Priyo Hartono mengatakan bahwa, pengembangan sekolah berbasis digital (IT) yang saat ini gencar dilakukan oleh SMPN 4 Natar. Adalah sebagai bentuk penyesuaian pada era globalisasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Lebih lanjut Priyo Hartono menjelaskan, langkah jitu yang digagasnya dimulai dengan meningkatkan Profesional Guru. dengan cara memberikan pelatihan In House Training (IHT), baik pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah, Nasional, maupun pelatihan yang diadakan secara internal sekolah. Sehingga 31 guru di SMPN 4 Natar menjadi profesional dan siap dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital (IT) pada 471 peserta didik. 

“Alhamdulilah, sebagai pijakan awal. Saat ini peserta didik sudah tidak lagi mengerjakan latihan soal ujian dengan lembar tertulis.  Saat ini peserta didik mengerjakan soal secara digital dan saya sudah menunjuk tenaga profesional Karmila,S.Pd sebagai promotor utama,” jelasnya.

Selain itu, Priyo Hartono menambahkan. Untuk program jangka panjang SMPN 4 Natar tidak lagi menggunakan buku sebagai media utama dalam pembelajaran tetapi akan beralih pada komputer sebagai media utamanya. 

Terpisah, Sugiatno S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Menjelaskan. Selain terfokus pada pengembangan sekolah berbasis IT yang notabane nya diperuntukan pada pengembangan bidang akademik. SMPN 4 Natar juga tetap melakukan pengembangan di bidang ekstrakuler yang notabane nya bertendensi pada bidang Non Akademik. Sehingga kemajuan dua bidang itu dapat singkron dan berimbang. 

“Puji Syukur, untuk prestasi dibidang ekstakulikuler. SMPN 4 Natar selalu intens menyambet gelar juara. seperti juara harapan 1 volibal, juara 1 pramuka lintas kabupaten/kota, hingga juara umum pernah kami raih. Harapan kami akan ada lagi gelaran juara di bidang seni, karena dalam waktu dekat ini SMPN 4 Natar akan mengikuti kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) persiapan sudah sangat matang, Insya Allah hasilnya akan positif," ungkapnya. (FIZAI)