Home Lampung Selatan Pariwara

Jalan Paving Blok Desa Karang Anyar Amblas, Sumanto : Curah Hujan Tinggi

72
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Belum lama rampung di bangun, jalan paving blok, Gg. Turi, Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahun 2020 amblas dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi.

Dari hasil penelusuran di lokasi, hampir setengah dari panjang jalan yang berada di Gg. Turi yang dibangun pada tahun 2020 sumber anggaran DD, amblas. 
Badan jalan yang amblas tersebut berada di sisi samping kiri dan sebagian juga kanan. 

Menurut pengakuan dari Sumanto selaku Kepala Desa setempat, ketika di konfirmasi mengatakan, penyebab dari amblasnya jalan tersebut dikarenan curah hujan yang belakangan ini cukup tinggi. 

Sumanto menjelaskan sejak awal sebelum jalan Gg. Turi dibangun, kondisinya sangat labil sekali, seperti kondisi jalan yang tidak rata dikarenakan jika hujan deras dialiri air. 

Melihat hal tersebut, salah satu masyarakat yang memiliki alat berat, mengambil inisiatif untuk meratakan dan memadatkan jalan tersebut menggunakan tanah, hal itu dilakukanya karena tahu kalau jalan tersebut ingin di Paving.

Sehingga akhirnya karena curah hujan yang cukup tinggi jalan paving tersebut tidak mampu menahan beban dari kendaraan yang melintas. Hal itu disebabkan karena tanah yang sudah dipadatkan tersebut melunak padahal sudah dilapisi dengan pasir. 

Meski begitu Sumanto mengatakan akan segera memperbaiki jalan tersebut. 

"Walau jalanya amblas tidak ada satu pun paving yang patah, karena kita memakai ukuran K 300," tuturnya. (Rizal)