Home Tulang Bawang Ekonomi

Jelang Idul Fitri Bahan Sembako Diprediksi Naik

161
0
SHARE
Foto: Ilustrasi

HandalNews.id, Tubaba - Menjelang lebaran, harga sejumlah bahan pokok diprediksi mengalami kenaikan. Ketersediaan bahan pangan kerap kali juga sulit didapatkan pada masa tersebut. Padahal bahan pokok tersebut dibutuhkan dan permintaannya selalu meningkat tajam.

 
Kenaikan harga dan langkanya bahan pokok dari peredaran, bukan karena kurangnya stok atau produksi. Namun juga disebabkan adanya permainan distributor memainkan momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri untuk mengeruk keuntungan. 
 
Kenaikan harga dan hilangnya bahan pokok menjelang puasa dan lebaran ini sudah menjadi tradisi di Indonesia. Pemerintah harus melakukan pengawasan. Bulan Ramadan dan Idul Fitri, banyak penyalur-penyalur (distributor) nakal memainkan harga jual di pasaran dengan alasan minimalnya stok barang". Ujar Aria pengamat ekonomi kamis, (6/5).
 
"Kalau penyelesaian defisit kebutuhan kita lakukan dengan impor, ini akan berpengaruh terhadap penurunan produksi. Bawang putih ini sudah 70 persen kita impor. Harus ada pengaturan, minimal impor 30 persen.
 
Kita harapkan dengan impor yang hanya 30 persen ini, akan mendorong petani untuk meningkatkan produksinya. Harus ada izin untuk melakukan impor bawang termasuk cabai sebagai komoditas yang diatur keberadaannya. Ini sangat penting, untuk melindungi produsen," pungkas Bima. (Jaz)