Home Bandar Lampung Pendidikan

Joko : Tanamkan Jiwa Nasionalisme Untuk Anak Didik

290
0
SHARE
Joko, Kepala SMAN 13 Bandar Lampung

Handalnews.id, Bandar Lampung - Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 13 Bandar Lampung, Joko, mengatakan jika dengan menanamkan rasa nasionalisme akan mampu menciptakan para generasi yang memiliki rasa setia dan bertoleransi dalam memajukan Bangsa Indonesia.

Dikatakan Joko dengan berbagai macam suku, ras, agama dan budaya setiap generasi muda bangsa Indonesia harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi untuk rela berjuang dalam mencapai cita-cita dan tujuan yang sama, dengan mengedepankan rasa setia dan toleransi. 

Bagi Joko sendiri, manfaat hidup bersatu bagi kehidupan sosial bernegara dalam wujud nasionalisme adalah semangat dan identitas suatu bangsa, dalam rangka untuk menciptakan bangsa yang maju, makmur dan berdaulat. 

Sehingga, menurutnya, dapat disimpulkan bahwa maju tidaknya suatu negara juga tergantung dari tertanamnya jiwa nasionalisme pada bangsanya. 

Dia juga Menjabarkan 6 cara paling ampuh untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada siswa disekolahnya yaitu melalui refleksi sejarah. 

“Salah satu cara menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda adalah melakukan nafak tilas sejarah baik itu dengan melakukan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah yang menjadi simbol perjuangan para pejuang bangsa,” ujarnya.  

Selain itu, diteruskan dia, bisa juga dengan mempelajari sejarah melalui buku-buku yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan atau bisa juga melalui pemutaran film dokumenter yang memperlihatkan betapa gigihnya pejuang bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan lalu bisa juga dengan melakukan kegiatan upacara bendera.

“Sebagian siswa sejatinya belum memahami makna dari pelaksanaan upacara bendera yang dilakukan setiap hari Senin. Pada kesempatan itu juga diberikan pemahaman tentang tujuan dilakukannya upacara bendera sehingga jiwa nasionalisme siswa semakin besar,” tandasnya.

Selain itu cara lainnya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme adalah dengan memperkenalkan berbagai keragaman budaya bangsa serta kekayaan sumber daya alam bangsa, sehingga membuat para generasi muda akan merasa beruntung telah dilahirkan di Indonesia sehingga muncul jiwa nasionalisme untuk menjaga keutuhan dan persatuan tanah air.

Joko menambahkan, pendidikan kewarganeraan mengajarkan anak tentang bagaimana menjadi warga negara yang baik, taat terhadap aturan negara dan juga sebagai wadah untuk menumbuhkan semangat patriotisme. 

“Jadi seorang guru bisa menanamkan jiwa nasionalisme pada siswa melalui pembelajaran PKn. Atau melalui pengenalan tokoh sejarah, misalkan dengan menceritakan bagaimana perjuangan tokoh tersebut dalam melawan penjajah dan mempertahankan keutuhan NKRI dari ancaman asing,” urainya. 

Terakhir, Joko menuturkan jika salah satu hal yang juga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi muda adalah dengan menganjurkan untuk selalu menggunakan produk dalam negeri, sehingga muncul penghargaan tersendiri untuk tanah airnya.   
(Hadi Saputra)