Home Lampung Tengah Pariwara

Kampung Kali Rejo Manfaatkan DD Untuk Penanggulangan Covid-19

76
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Respon tanggap VIII, Pemerintah Kampung Kalirejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah, dalam rangka penanggulangan Covid-19 direalisasikan dalam beberapa kegiatan penyemperotan lingkungan dan di rumah masyarakat dan  pembagian masker, gallon air untuk cuci tangan berikut sabun cair, tidak hanya itu, pemerintah kampung  setempat juga tetap berupaya memaksimalkan pembangunan infrastruktur.

Kepala Kampung PJ Kalirejo, Dra. Ade  Sujana Dwiyanto di dampingi Hi Nanang Kosim selaku sekretarisnya, mengatakan jika upaya penanggulangan Covid-19 yang dilakukan pihaknya dibiayai oleh Dana Desa yang diterima Pemerintah Kampung Kalirejo pada tahun anggaran 2020.

“Masker kain kita bagikan untuk masyarakat Kampung Kalirejo  sementara setiap sudut di pasang  gallon air dan sabun cair tempat dilokasi tertentu yang ramai masyarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat, semuanya sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran Virus Corona,” ujarnya, kepada media ini beberapa waktu lalu.

Selain membagikan masker dan gallon air, Kepala  Kampung Kalirejo, Ade Sujana,  juga menghimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Untuk masyarakat saya himbau untuk tetap dirumah bila tidak ada keperluan mendesak dan jika terpaksa harus keluar wajib menggunakan masker, itu semua kita lakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan Covid-19,” urainya.

Ade, juga mengajak masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan kepada aparatur kampung setempat,  jika ada kerabat atau masyarakat yang baru pulang dari perantauan agar dapat dilakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Saya sangat mengharapkan kesadaran masyarakat agar dapat membantu pemerintah untuk mentaati semua himbauan yang telah dikeluarkan pemerintah pusat, daerah sampai desa. Karena pada dasarnya semua himbauan itu sifatnya untuk kemaslahatan masyarakat,” tuturnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat Kampung Kalirejo agar selalu meningkatkan rasa simpati kepada sesama dengan saling membantu tetangga maupun kerabatnya yang sedang dalam kesulitan selama masa pandemi.

“Dimasa yang sulit ini, kita harus sama-sama dan bergotong royong dalam membantu sesama kita, jangan sampai kita tidak peduli dengan keadaan saudara kita jika sedang dalam masa kesulitan,” urainya.

Selain penanggulangan Covid-19, Ade Sujana, juga menerangkan jika realisasi Dana Desa tahun anggaran 2020 yang diterima pihaknya juga digunakan untuk melaksanakan rencana pembangunan perioritas kampung  yang sebelumnya sudah disepakati.

“Meski ditengah masa pandemi Covid-19, kami tetap berupaya agar tetap ada pelaksanaan pembangunan yang berjalan, kendati tidak maksimal, namun kita sangat berharap apa yang kita kerjakan betul-betul prioritas,” tandasnya.

Bagi Ade Sujana, penanggulangan Covid-19 memang tetap yang prioritas namun roda pembangunan juga harus berjalan sebagaimana mestinya.

Seperti diketahui, Ade Sujana telah menjalankan masa jabatannya sebagai Kepala Kampung Pj hanya satu tahun dan dirinya harus benar-benar melaksanakan anggaran ADD dan DD semeksimal mungkin.

Sebagaimana cita-cita awal program Dana Desa yang memang ditujukan untuk menciptakan pemerataan pembangunan, namun perlu juga kemampuan kepemimpinan yang baik agar dapat mengeksekusi program tersebut dengan baik.

Sosok Ede Sujana, dari track recordnya memang dikenal sebagai pemimpin yang bijak dan adil dalam menjalankan amanahnya sebagai kepala Kampung Pj.

Bahkan tidak sungkan, dia turun langsung untuk meninjau kondisi masyarakat maupun pelaksanaan pembangunan yang direalisasikan pemerintah kampung setempat.

Bahkan dalam menjalankan fungsinya, Ade, sampai memberikan instruksi langsung agar setiap pelaksanaan pembangunan yang menggunakan Dana Desa harus dilaksanakan dengan mengutamakan asas pemanfaatan berkelanjutan.

Terpisah, dari keterangan sejumlah masyarakat setempat, mereka sangat mengagumi sosok kepala Kampunh PJ dan sekretaris kampung  setempat yang betul-betul seorang pemimpin yang bijak.

"Kami sangat mengagumi kepiawaian Pak Ade dan sekretaris nya dalam memimpin kampung, kampung jadi berkembang dan kami sebagai masyarakat sangat merasakan hasil pembangunan ini," ucap salah satu warga.  (Iron Guna)