Home Pesawaran Pariwara

Kasubdit Kamsel Ditlantas : Kampung LaluLintas Polres Pesawaran Berpotensi Menang

434
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Tim Penilai Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Lampung melakukan peninjauan dan penilaian di satuan lalulintas Polres Pesawaran di Desa Taman Sari Kecamatan Gedongtataan.

"Bagus, dari lima Polres yang kita kunjungi disini (Satlantas Polres Pesawaran-red) sepertinya lebih bagus. Sarana dan prasarana yang dibuat sangat bagus, rambu-rambu dan pojok baca serta zona lalulintas yang ada sangat tepat," kata Ketua Tim Penilai Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Lampung AKBP DR Junaidi saat melakukan peninjauan dan penilaian di lokasi Kampung Lalulintas, Jumat (13/3/2020).

AKBP DR Junaidi mengatakan, Satlantas Polres Pesawaran berpotensi menang di karenakan kelengkapan fasilitas edukasi tertib lalulintas kepada masyarakat yang dianggap memadai dibandingkan dengan yang lainnya.

"Kegiatan dimaksudkan untuk mendidik pada usia dini tentang tertib lalulintas, nah disini sangat tepat karena banyak sekolahnya. Kemudian, Kepala Desa Taman Sari juga katanya sudah menganggarkan tahun anggaran 2021 untuk kegiatan Kampung Lalulintas disini," terang dia.

Dia menjelaskan dari 14 Polres yang ada di Lampung, tim sudah melaksanakan di Lima Polres.

"yakni Polres Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Metro, Lampung Timur dan Polres Pesawaran. Nantinya, pengumuman pemenang akan dilakukan langsung oleh Dirlantas Polda Lampung," katanya.

Kunjungannya sebagai Tim penilai pada lomba Kampung Lalulintas tersebut disambut Kasat Lantas Polres Pesawaran AKP I Wayan Budiarta beserta jajaran dengan parade siswa dan siswi yang mengenakan seragam Drum Band  Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

"Dipilih Desa Taman sari menjadi Kampung Lalulintas dikarenakan banyak terdapat aktifitas sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA. Nah, siswa dan siswi dari sekolah tersebut nantinya akan diberdayakan guna mempelopori tertib berlalulintas," ujar Kasat Lantas Polres Pesawaran AKP I Wayan Budiarta.

Kasat Lantas juga melanjutkan Desa Taman sari telah disepakati dengan peraturan Kampung Tertib Lalulintas yang diketahui oleh Kepala Desa Taman Sari Kecamatan Gedong Tataan Fabiyan Jaya. 

"Seperti seluruh masyarakat wajib menggunakan helm SNI pada saat berkendara, Seluruh masyarakat wajib mematuhi peraturan lalulintas, dan Dilarang kebut-kebutan dijalan untuk keselamatan bersama

Kemudian katanya Setiap kendaraan yang melebihi batas muatan dilarang melintasi jalan masuk ke Dusun II (dua) Taman Sari Desa Taman Sari karena menyebabkan kerusakan jalan

"Apabila melanggar kami sepakat membayar denda tersebut akan digunakan untuk sarana dan prasarana kampung tertib lalulintas," terangnya.

Sementara itu Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro mengatakan bahwa kegiatan tersebut sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya tertib berlalulintas.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan diseluruh Satlantas disetiap Polres Polda Lampung, jadi bukan saja di Satlantas Polres Pesawaran. Persiapan sebelumnya sudah dilakukan dengan baik,mudah-mudahan dapat menjadi yang terbaik," kata Kapolres.  (Ismail)