Home Lampung Selatan Pendidikan

KBM Daring - Luring Di SMPN 3 Ketapang Berjalan Maksimal

1058
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Pelaksanan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, berjalan dengan sangat maksimal. Hal itu dikarenakan Mastini selaku kepala sekolah setempat selalu mematuhi petunjuk yang dikeluarkan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten setempat.

Mastini mengatakan, awalnya pihak sekolah agak kesulitan dalam melaksanakan KBM melalui Daring, namun setelah Dinas Pendidikan memberikan contoh tentang sistem KBM Daring seperti membuat group Whatsap perkelas, yang dilakukan oleh wali kelas.

"Melalui grup Whatsap itu, wali kelas berkosultasi dengan guru mata pelajaran untuk memberikan materi pembelajaran kepada wali kelas dan selanjutnya disampaikan kepada siswa," katanya.

Sementara itu, untuk metode luring, para siswa diberikan materi secara offline. Dimana, para siswa diberikan hafalan dan pada saat masuk akan diuji sudah sejauh mana hafalan yang diberikan, Contohnya seperti PR atau tugas hafalan surat-surat pendek dan hafalan bahasa inggris. 

Dia juga mengatakan jika Dinas Pendidikan sangat intens dalam mengawasi dan memberikan masukan tentang pembelajaran Daring. Apa bila ada sesuatu hal yang kurang baik maka akan langsung diberi teguran.

"Kami pihak sekolah selalu mengadakan rapat dan konsultasi kepada Dinas Pendidikan tentang Daring ini," ungkapnya. 

Selain itu dia mengukapkan, bahwa Tim Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan juga sudah datang ke sekolah tersebut untuk melakukan pembahasan Daring.

"Kita juga sudah melakukan pembahasan tetang KBM Daring kepada Komisi DPRD Lamsel," ujarnya

Mastini yang sudah menjabat selama kurang lebih enam tahun di SMPN 1 Ketapang juga  menceritakan jika selama dirinya menjadi kepala sekolah baru tahun 2020 ini lah keadaan sekolah berubah secara sangat signifikan.

"Akibat Virus Corona ini, sistem KBM berubah secara signifikan, awalnya pihak sekolah dan Siswa merasa agak susah dalam penerapan KBM Daring namun tidak selang berapa lama hingga kini alhamdulilah siswa tetap dapat mendapatkan ilmu yang cukup dalam pembelajaran sistem Daring dan Luring," katanya. 

Selain itu, ibu Tini sapaan akrabnya juga mengatakan jika pihak sekolah bekerja sama kepada seluruh orang tua murid, dalam melakukan pengawasan saat siswa belajar.

"Kita imbau para orang tua dapat mengkontrol aktivitas anak. Libur saat ini bukan untuk libur bermain atau liburan rekreasi. Tapi libur sekolah tetap belajar di rumah," ungkapnya.

Dia juga mengatakan, meskipun siswa belajar dirumah melalui online, dewan guru staf TU dan kepala sekolah tetap hadir disekolah setiap harinya. Dan sekolah juga tetap dirawat sebagai mana mestinya, seperti melakukan pemberisihan setiap hari.  

"Walaupun siswa tidak ke sekolah tetapi kami diwajibkan untuk datang ke sekolah, artinya peberian soal- soal pelajaran Online oleh dewan guru tetap dilakukan di sekolah, tanpa melupakan Protokol kesehatan," ungkapnya. (Rizal)