Home Lampung Tengah Pariwara

Kemenkumham Lampung Pastikan Pelayanan Publik Berbasis HAM Di Lapas Gunungsugih

181
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Untuk memastikan pelayanan publik berbasis Hak Azasi Manusia (HAM), yang ada di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsugih, tim verifikasi pelayanan publik berbasis HAM, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Lampung berkunjung, Senin (7/10/2019). 

Dikatakan Kepala Lapas (Kalapas), Syarpani, kunjungan tersebut dalam rangka memberikan penilaian, terhadap kinerja pelayanan publik berupa fasilitas publik di dalam maupun luar Lapas. Kehadiran tim verifikasi ini diterima langsung oleh Kalapas, bersama seluruh staf dan pegawai Lapas setempat. 



Tim verifikasi pelayanan publik berbasis HAM, dipimpin langsung oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pelayanan Hukum dan HAM, Hj. Fatmawati, yang didampingi Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pemajuan HAM, Elvi Suryaningsih.

Sebelum melakukan penilaian, Tim didampingi Kalapas Syarpani,  melihat langsung berbagai fasilitas pelayanan publik berbasis HAM yang ada di Lapas. Mulai dari tempat pendaftaran dan ruang tunggu kunjungan, serta berbagai aksesibiltas dan fasilitas lain, baik di dalam maupun di luar Lapas terkait pelayanan HAM.

Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Hj. Fatmawati menyampaikan, bahwa objek penilaian terkait pelayanan HAM, yang dinilai sudah terpenuhi oleh pihak lapas.

“Saya dan tim sangat apresiasi atas ketersediaan fasilitas di Lapas Gunungsugih, hasil kerjasama dengan beberapa dinas di Pemkab Lampung Tengah. Semoga dapat mempertahankan penghargaan serupa, dari Menteri Hukum dan HAM RI, seperti tahun 2018," harap Fatma. 

Sementara Kalapas Gunungsugih, Syarpani menyampaikan, bahwa pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin, untuk menghadirkan pelayanan publik yang baik, demi menciptakan kemanan dan kenyaman penghuni dan pengunjung.

“Kami sejak tahun lalu, mulai melakukan berbagai inovasi terkait pelayanan publik, dengan menggandeng pemerintah daerah, dan terbukti bahwa dinas terkait, ikut andil dalam pengadaan berbagai fasilitas publik," ulasnya. 

Ditambahkan Syarpani, sejumlah fasiltas publik yang telah tersedia di Lapas Gunungsugih, dalam pemenuhan pelayanan publik berbasis HAM, seperti Taman Bermain Anak dan Ruang Laktasi, hasil kerja sama dengan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak. 

Selain itu, ada juga kamar khusus untuk Lanjut usia (Lansia) dan Disabilitas, hasil kerjasama dengan Dinas Sosial, rumah ibadah dan kegiatan keagamaan, hasil kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pesantren Da'arul Huda, Panti Asuhan Yatim Piatu Kota Gajah, Majelis Dzikir Shabilulmundziat, GPPS Filipi Bandarjaya dan PHDI Lamteng. (Gun/Fazri)