Home Lampung Tengah Pendidikan

Kepala SMKN 1 Terbanggi Besar, Ciptakan Sekolah Aman, Nyaman Dan Disiplin

327
0
SHARE
Poto Dok: Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Semenjak Haryadi Ibrahim menjabat sebagai Kepala SMK Negeri 1 Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah, berbagai cara dilakukannya untuk menciptakan sekolah aman, nyaman dan disiplin. Sebab baginya sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestasi yang terbaik dan guru dapat menampilkan kinerja yang terbaik.
 
Haryadi menjelaskan, sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang warga sekolahnya bebas dari rasa takut, kondusif untuk belajar dan hubungan antara warga sekolahnya positif.
 
“Saya akan berjuang sekuat tenaga dan pikiran untuk menciptakan itu semua,” jelasnya kepada Handalnews.id, Rabu (4/9/19).
 
Dia juga menambahkan, selain aspek keamanan fisik, kenyamanan atau disebut iklim sekolah, yaitu menyangkut atmosfir, perasaan, lingkungan keseluruhan secara sosial dan emosional sekolah juga harus diciptakan secara positif.
 
"Faktor yang mempengaruhi kenyamanan atau iklim sekolah ini adalah hubungan atau keterikatan antar warga sekolah,interaksi antar warga sekolah,rasa saling mempercayai dan saling menghargai antar warga sekolah. Bila keadaan faktor-faktor tersebut tinggi maka semakin positif iklim sekolah tersebut," ujarnya.
 
Selain itu, menurut Haryadi sekolah yang aman, nyaman dan disiplin akan tercapai dengan sebelas cara yaitu, mengembangkan budaya sekolah yang positif. membangun komunitas sekolah dengan cara saling menghargai.
 
"Mengatur dan mengkomunikasikan secara konsisten prilaku yang diharapkan. Mengajar, memberi contoh dan mendorong prilaku sosial," ucapnya.
 
Dia  menambahkan, memecahkan masalah secara damai menghargai perbedaan dan mengedepankan hak asasi manusia. Bertanggung jawab, dan bermitra dengan masyarakat. untuk memecahkan masalah keamanan yang penting Berkerja sama untuk memahami bersama isu-isu tentang kekerasan terhadap siswa yang lebih lemah dan berbagai ketakutan lainnya.
 
"Merespon secara konsisten dan adil terhadap insiden. Berpartisipasi dalam pengembangan kebijakan, prosedur, praktek-praktek yang mempromosikan keamanan sekolah. Memonitor dan mengevaluasi lingkungan sekolah. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap prestasi sekolah.  (Hadi Saputra)