Home Lampung Tengah Pariwara

Ketua Bawaslu Lamteng Lantik 84 Anggota Panwascam

334
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Sebanyak 84 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Lampung Tengah (Lamteng), dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lamtenh, Harmono, yang di BBC Hotel Bandarjaya, Kamis (26/12/2019) lalu.

Ketua Bawaslu Lamteng Harmono berharap Panwascam yang terpilih betul-betul bisa menjaga komitmen berdemokrasi dalam Pilkada 2020. “Bagi yang terpilih ini, kami harap betul-betul bisa menjaga komitmen berdemokrasi pada Pilkada 2020.

Sejak dilantik sampai akhir proses pilkada menjadi keluarga Bawaslu Lamteng. Mulai detik ini bisa langsung bekerja dalam mengawasi tahapan pilkada,” katanya.

Terkait ada enam kaum perempuan yang terpilih menjadi Panwascam, Harmono menyatakan bagian dari amanat undang-undang. “Ini bagian dari amanat undang-undang. Kita memberikan keterwakilan 30 persen perempuan.

Apalagi untuk lebih fokus pengawasan perempuan, misalnya banyakan kegiatan-kegiatan sekarang ini kan pengajian dan segala macam.

Kemudian ada satu ASN terpilih jadi Panwascan, kami berharap ketika ada ASN maka jangkauan koordinasi dan lain sebagainya lebih mudah. Terutama dalam penanganan dan sebagainya. Apalagi sudah ada izin pimpinannya,” ungkapnya.

Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, yang hadir dalam acara tersebut, dalam sambutannya berpesan kepada Bawaslu dan Panwascam, agar dapat melaksanakan tugas sesuai aturan.

“Bawaslu dan Panwascam harus melakukan tugas sesuai aturan, jika tak mau masuk neraka. Jika ada pelanggaran, tangkap! Tak usah takut-takut! Ada TNI-Polri yang mem-backup,” kata Loekman usai pelantikan.

Pelaksanaan PIlkada 2020, kata Loekman, harus bersih dari politik uang. “Pilkada 2020 harus bersih dari politik uang. Ini karena saya tak punya uang. Bawaslu dan Panwascam harus netral,” ujarnya.

Terkait dirinya sebagai bakal calon kontestan, Loekman menyatakan dirinya tidak ada intervensi. “Tidak ada nepotisme atau intervensi. Pokoknya tugas harus dilaksanakan sesuai aturan.

Sekali lagi jika ada yang melanggar, tangkap. Polemik soal status Bawaslu atau Panwaslu sudah selesai. Sudah sesuai peraturan perundang-undangan. Sah Bawaslu,” ungkapnya.

Sementara Ketua KPU Lamteng, Irawan Indrajaya berharap, dengan dilantiknya Panwascam bisa lebih bersinergi. “Kita harapannya bisa saling bersinergi. Ini karena kita kan sama-sama penyelenggara Pilkada 2020,” katanya.

Dalam pelantikan dihadiri Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma Jemy, Dandim 0411/LT Letkol CZI Burhanuddin, Kajari Lamteng M. Mansyur Majdid, perwakilan dari Bawaslu Propinsi Lampung, dan anggota Bawaslu Lamteng.

Diketahui, dalam proses pendaftaran Panwascam, ada 351 yang dinyatakan berkasnya lengkap dan mengikuti tes. Tes secara online dan wawancara telah dilaksanakan sehingga terpilih sebanyak 84 orang. Dengan jumlah satu kecamatan ada tiga orang. (Gun)