Home Lampung Tengah Pariwara

Ketua PWI Lamteng : UKW Adalah Instrumen Penting, Harus Ditempuh Wartawan

102
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Tengah tahun lalu telah merencanakan pelaksanaan UKW di Kabupaten setempat yang menurut rencana akan di laksanakan pada pertengahan tahun ini. Namun karena  kondisi Covid -19, maka agenda UKW tersebut ditunda, hingga wabah mereda.

Ketua PWI Kabupaten Lampung Tengah Ganda Hariyadi, SH mengungkapkan bahwa Pelaksanaan Uji Kompetasi Wartawan (UKW) sesuai dengan Peraturan Dewan Pers No. 4 tahun 2017, yang diperbaharui Peraturan Dewan Pers No. 1 tahun 2018 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan.

Ganda juga menjelaskan bahwa UKW adalah instrumen penting, harus ditempuh wartawan, agar kerja jurnalistik wartawan dapat dipertanggungjawabkan serta meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan.

Di katakan oleh Ganda PWI Lampung Tengah telah merencanakan pelaksanaan UKW pada pertengahan tahun 2020, namun karena kondisi Covid 19, maka agenda UKW ditunda, hingga wabah mereda.

"Karena Covid-19 ini pelaksanaan UKW kita tunda hingga wabah mereda, namun sebagai bahan informasi, PWI Lamteng telah merilis daftar nama wartawan yang telah lulus UKW di wilayah ini," ujar Ganda Sabtu (13/6/2020).

Sekretaris PWI Lamteng Roy M Perleoli menambahkan pihaknya telah merilis nama-nama  wartawan yang telah lulus UKWguna sebagai informasi para stake holder.

Menurut Roy selama ini Pemerintah dan sejumlah elemen masyarakat kerap menanyakan apakah para wartawan di Lampung Tengah, sudah ada yang mengikuti UKW   karena dasar itulah PWI Lamteng merilis nama-nama wartawan yang telah lulus UKW

"Hingga Sabtu, 13 Juni 2020, wartawan aktif  dan terdata di Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Tengah, yang telah lulus UKW sebanyak 29 dan sebagian besar para jurnalis tersebut mengikuti dan lulus UKW yang digelar PWI, dan ada yang dilaksanakan oleh lembaga penguji UKW lainnya yang tetap mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pers," terang Roy.

Di katakan oleh Roy bahwa wartawan yang telah lulus UKW di wilayah Lampung Tengah tersebut terdiri dari tingkatan Wartawan Utama, Wartawan Madya dan Wartawan Muda yang berasal dari media Cetak, Siber dan Media Elektronik.

PWI Lamteng berharap wartawan lulus UKW dapat terus memahami kesadaran profesi dan penghayatan kode etik, pengetahuan umum dan khusus terkait dengan bidangnya, serta keterampilan jurnalistik sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Mau lulus UKW itu simpel kok, kerja di Koran, Televisi, atau Media Online, bisa memahami teknik peliputan dan penulisan berita, lalu rajin dan bisa nulis berita pake komputer atau gaget, mempunyai jejaring nara sumber, serta memahami UU Pers, dan kode etik jurnalistik," pungkas Roy. (Mis)