Home Lampung Tengah Pariwara

Komunikasi Dua Arah, Metode Kalapas Gunungsugih Wujudkan Ketertiban Napi

130
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Salah satu cara untuk menciptakan interaksi sosial yang humanis, antara pegawai dengan para Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kepala Lapas (Kalapas) Gujungsugih, Syarpani, menerapkan metode komunikasi dua arah.

Dikatakan Syarpani, hal ini sebagai bentuk pemenuhan hak-hak dasar para Napi, seperti makanan, tempat tidur, pakaian serta fasilitas pembinaan, semua telah dipenuhi oleh negara di dalam Lapas. Namun tentunya, para penghuni Lapas juga dituntut untuk mematuhi tata tertib dan mengikuti program pembinaan yang telah ditetapkan.

Disela-sela istirahat, setelah melakukan senam pagi dengan bermain futsal bersama para Napi, Sabtu (19/10/2019). Syarpani menyampaikan, agar seluruh penghuni berkomitmen untuk menjadi baik, pada saat bebas dan kembali ke masyarakat.

“hak-hak dasar narapidana seperti makanan, tempat tidur, pakaian serta fasilitas pembinaan telah kami penuhi, kalian saya tuntut untuk mematuhi tata tertib, dan mengikuti program pembinaan yang telah ditetapkan”, harapnya.

Syarpani menambahkan, bahwa Napi tidak saja sebagai objek pembinaan, namun merupakan subjek yang dapat menyampaikan aspirasi atau keluhan, yang bersifat membangun. Karena pada dasarnya, para Napi adalah manusia biasa dan normal seperti yang lain, yang perlu mendapatkan bimbingan ke jelan yang benar.

“Kami selalu membuka forum komunikasi setiap minggunya, semua berhak berpendapat. Mari patuhi aturan, pungli dan narkoba kita berantas habis, terbukti minggu lalu kita konpers bersama polres memberantas narkoba,” pungkas Alumnus Magister Hukum UNPAD.

Kegiatan ditutup dengan pembagian tempat makan dan minum, dilanjutkan dengan makan bubur kacang hijau bersama, yang telah dilaksanakan secara rutin tiap hari sabtu. (Gun/Fazri)